Notification

×

Iklan

Iklan

Pembekalan Dihadapan para Siswa, Siapkah Kamu jadi "Generasi Emas 2045"

Kamis, 21 Juli 2022 | 15:46 WIB Last Updated 2022-07-21T08:46:46Z
Danramil 1004/Tanjungsari, Sumedang, Kapten Inf Agus Hermawan bersama siswa/siswi di SMAN Tanjungsari dan SMK Budi Mandiri Tanjungsari

Sumedang.Internationalmedia.id.-Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah yang digelar mulai Senin 18 Juli 2022 oleh beberapa Sekolah Menengah kepada siswa barunya. 

Ada yang menarik perhatian dalam kegiatan tersebut yakni hadirnya para Prajurit TNI yang dipimpin oleh 


Danramil 1004/Tanjungsari Kapten Inf Agus Hermawan di SMAN Tanjungsari dan SMK Budi Mandiri Tanjungsari ikut serta berpartisipasi memberikan pembekalan kepada Siswa Baru.

Pembekalan tersebut dimaksud motivasi dan wawasan Kebangsaan dengan Tema “Siapkah Kamu Jadi Generasi Emas 2045?”.  

Isi Materi yang disampaikan cukup visioner membuka wawasan para Siswa Baru agar memahami bahwa Negara kesatuan Republik Indonesia didirikan tidak gratis melainkan dengan cucuran keringat, darah dan air mata.

Untuk merebut kemerdekaan dengan perjalanan panjang yang sangat melelahkan serta melahirkan Ideologi Pancasila sebagai pemersatu bangsa Indonesia yang kaya dengan keragaman suku, agama dan ras yang diikat dalam bingkai Bhineka Tunggal Ika.

Dengan demikian seyogyanya sebagai warga negara yang baik kita harus mempertahankan jerih payah pengorbanan bangsa.

Pada Tahun 2045 kita akan memperingati 100 tahun Indonesia Emas, yakni sejarah panjang mempertahankan kedaulatan Negara sejak berdiri tahun 1945.  Pada tahun 2045, Indonesia akan mendapatkan bonus demografi yaitu jumlah penduduk Indonesia 70%-nya dalam usia produktif (15-64 tahun).
Sisanya 30% merupakan penduduk yang tidak produktif (usia dibawah 14 tahun dan diatas 65 tahun) pada periode tahun 2020-2045. 

Jika bonus demografi ini tidak dimanfaatkan dengan baik akan membawa dampak buruk terutama masalah sosial seperti kemiskinan, kesehatan yang rendah, pengangguran, dan tingkat kriminalitas yang tinggi. 

Melihat dari fakta yang akan dihadapi Indonesia tersebut bonus demografi memang tidak bisa dihindari. 

Saatnya kini  bibit-bibit unggul itu sudah ada dari sekarang yakni para siswa baru yang kelak akan menjadi pemimpin bangsa dimasa mendatang. Di tangan mereka yang masih bayi dan anak-anak sekarang inilah, masa depan dan nasib bangsa ini dipertaruhkan. 

Dan saat ini tepat menjadi momentum untuk mempersiapkan mereka menjadi  generasi masa depan Indonesia. Harus menjadi generasi yang cerdas dan mau menerima perubahan.

Harus diterapkan sejak dini menuju impian Indonesia menjadi generasi emas 2045 yakni memiliki kecerdasan yang komprehensif, yakni produktif, inovatif, damai dalam interaksi sosialnya, dan berkarakter yang kuat, sehat, menyehatkan dalam interaksi alamnya, dan  berperadaban unggul.

Dalam kesempatan itu pula Kapten Inf Agus Hermawan  kepada siswa agar senantiasa disiplin dan hormat kepada orang tua dan guru karena  itu adalah kunci sukses jika kita mendapat ridhonya. (rel)

×
Berita Terbaru Update