Notification

×

Iklan

Iklan

KJRI Hamburg Promosikan UKM Home Decor Indonesia di Pameran Nordstil Sommer 2022

Senin, 25 Juli 2022 | 17:56 WIB Last Updated 2022-07-25T10:56:30Z

Hamburg,Jerman.Internationalmedia.id.- - Sejalan dengan program Pemerintah RI dalam mendukung dan memajukan sektor UKM, KJRI Hamburg berpartisipasi dalam pameran Nordstil Sommer 2022 mulai tanggal 23 Juli hingga 25 Juli 2022 di Hamburg. 

Pameran internasional tersebut diadakan setiap tahun dengan menampilkan lima kelompok produk: consumer goods, furnitur (home decor, household & aksesoris), desain & interior, perhiasan, dan suvenir/alat tulis kantor. 

Pameran Nordstil sudah diselenggarakan sejak tahun 2014 dan diikuti hingga 500 ekshibitor/co-ekshibitor pada tahun 2021, seperempatnya berasal dari luar Jerman. Pameran Nordstil Sommer selalu menarik minat pengunjung/buyer/customer hingga tujuh ribu orang setiap kali diselenggarakan.

Menurut data dari Statista, Jerman merupakan negara eksportir furnitur (termasuk home decor) terbesar di kawasan Uni Eropa. Untuk memenuhi permintaan pasar, Jerman banyak mengimpor produk furnitur (jadi maupun setengah jadi) dari Tiongkok, Polandia, Ceko, Hongaria, dan Italia. 

Terdapat tren peningkatan penjualan produk home decor di Jerman sejak lima tahun terakhir rerata 14%. Lonjakan transaksi tertinggi (secara daring) terjadi pada tahun 2020 yang mencapai 51% dengan total nilai transaksi mencapai 4,01 miliar Euro. 

Minat konsumen Jerman terhadap barang-barang home decor semakin meningkat dari tahun ke tahun dengan tren yang mengutamakan aspek keberlanjutan (ramah lingkungan, perhatian terhadap kesejahteraan pengrajin, dan lain-lain) serta aspek fungsionalitas. Produk furnitur yang diincar para retailers Jerman adalah yang menggunakan bahan alami/ramah lingkungan, namun memiliki desain yang inovatif dan modern. Menjadi suatu nilai tambah dari kacamata konsumen Jerman apabila produk furnitur tersebut juga memiliki sentuhan khas/eksotik.

Pada kesempatan tahun ini, KJRI Hamburg menggandeng kerja sama dari CV Lalombook asal Jogjakarta dan Lombok yang memproduksi barang kerajinan rumah tangga yang modern dan fungsionalis, namun tetap mencorakkan nuansa eksotis khas Indonesia. 

KJRI Hamburg juga menggandeng kerja sama dari PT Gyan Kreatif Indonesia (PT GKI) asal Salatiga yang memproduksi barang keramik dengan merek “Naruna” untuk hiasan/dekorasi rumah maupun fungsional untuk keperluan dapur dan rumah tangga, dengan nuansa modern namun tetap menonjolkan motif khas Indonesia.

Kehadiran produk Naruna di pameran Nordstil Sommer 2022 tidak terlepas dari dukungan Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) di London mengingat PT GKI merupakan mitra UKM binaan Kantor BI Propinsi Jawa Tengah.

KJRI Hamburg senantiasa promosikan produk-produk Indonesia di wilayah kerja dalam rangka membantu peningkatan ekspor dan pemulihan ekonomi nasional Indonesia pascapandemi.(marpa)

×
Berita Terbaru Update