Notification

×

Iklan

Iklan

Grup Musik Jazz Indonesia Semarakkan EUROPAfest 2022 - 16th Bucharest International Jazz Competition

Kamis, 14 Juli 2022 | 10:33 WIB Last Updated 2022-07-14T03:33:08Z

Jakarta.Internationalmedia.id.-Pagelaran EUROPAfest 2022 yang diselenggarakan pada tanggal 1 – 9 Juli 2022 di Bucharest, salah satu grup musik asal Indonesia, East Side Jazz Initiative telah berpartisipasi dalam kompetisi musik jazz dalam kegiatan 16th Bucharest International Jazz Competition. 

Kompetisi yang dilaksanakan selama sembilan hari diikuti oleh 13 grup dari berbagai negara, baik kawasan Eropa, Asia maupun Amerika.

Sebagai catatan disampaikan bahwa Bucharest International Jazz Competition merupakan kompetisi musik jazz terbesar nomor dua di Eropa yang diselenggarakan sejak tahun 2007. 

Sebelum pandemi Covid-19, jumlah peserta rata-rata di atas 20 grup musik. Bahkan, pada penyelenggaraan pertama kompetisi, tercatat sebanyak 30 grup musik dari 23 negara berpartisipasi dalam komptisi yang cukup bergengsi di kalangan pemusik jazz.
 
Berdasarkan informasi dari pihak panitia, East Side Jazz Initiative merupakan grup musik jazz pertama asal Indonesia yang berpartisipasi dalam kompetisi tersebut. Setelah mengikuti seleksi secara online, grup asal Indonesia berkesepatan untuk hadir secara langsung dalam 16th Bucharest International Jazz. 

Dalam keikutsertaannya, East Side Jazz Initiative yang berada di bawah besutan salah satu musisi jazz muda Indonesia, Sdr. Nial Djuliarso berhasil masuk ke babak final bersama dengan tiga grup dari negara asing lainnya, yaitu Dons Trio dari Denmark, Tangostinato dari Italia dan Hard Swing Manggo dari Perancis.

Meskipun pada akhirnya hanya menempati posisi ketiga, namun pihak penyelenggara yang diwakili oleh Luigi Gageos, Director of EUROPAfest menyampaikan apresiasi secara khusus kepada grup asal Indonesia yang telah menampilkan performance yang sangat luar biasa. 

Dalam kompetisi tersebut, Dons Trio yang merupakan wakil dari Denmark keluar sebagai juara pertama, sedangkan Tangostinato dari Italia menempati urutan kedua.
 
16th Bucharest International Jazz Competition yang diselenggarakan setiap musim panas mendapatkan perhatian yang cukup besar dari warga Rumania. Hal ini tercermin dari banyaknya jumlah penonton yang hadir di ajang kompetisi tersebut. 

Dalam hal ini, beberapa media, baik lokal maupun internasional yang menjadi mitra pihak penyelenggara, seperti Radio Rumania Musical, Radio Rumania Bucuresti, Radio Rumania Actualitati, Radio Rumania Cultural, Magic FM, Prima TV, EVZ.ro, Capital dan France Medias Monde menyiarkan secara langsung setiap kegiatan dalam rangkaian kompetisi tersebut.

Keikutsertaan grup musik jazz asal Indonesia dalam rangkaian EUROPAfest 2022 merupakan salah satu bentuk soft power diplomacy yang selama ini terus digalakkan oleh KBRI Bucharest. 

Upaya promosi yang dilakukan oleh anak muda berbakat Indonesia tersebut dinilai penting untuk lebih menunjukkan talenta musik sekaligus keanekaragaman budaya Indonesia. 

Selama ini, masyarakat Rumania masih melihat Indonesia dari keindahan alam dan budaya yang dimiliki oleh Pulau Dewata, Bali. Dengan semakin banyak potensi alternatif yang disuguhkan, diharapkan masyarakat Rumania akan memahami Indonesia secara lebih luas, sebagai negara yang memiliki kekayaan alam dan keberagaman budaya.(marpa)

×
Berita Terbaru Update