Notification

×

Iklan

Iklan

Bupati Toba Ajak Warga Bergotongroyong Membangun Perumahan Layak Huni

Kamis, 14 Juli 2022 | 10:05 WIB Last Updated 2022-07-14T03:05:58Z
Bupati Toba Poltak Sitorus didampingi Roy Simanjuntak bersama sejumlah warga penerima BSPS

Toba.Internationalmedia.id.-Bupati Toba, Poltak Sitorus kembali serahkan buku tabungan bagi penerima Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) RI Tahun Anggaran 2022 yang diselenggarakan di Aula Kantor Camat Sigumpar, Kabupaten Toba, Provinsi Sumatra Utara, Rabu (13/7/2022).

Tujuan BSPS atau bedah rumah ini adalah membantu masyarakat berpenghasilan rendah dalam memperbaiki rumah tidak layak huni menjadi rumah layak huni.

Bupati Poltak Sitorus menyatakan pemerintah dari tingkat pusat hingga daerah dan kecamatan hadir untuk mensejahterakan masyarakat dan salah satunya adalah bagaimana masyarakat dapat menikmati rumah layak huni yang saat ini kita selenggarakan.

Memang bukan uang tunai yang diberikan dan jumlahnya pun tentunya tidak cukup untuk membangun sebuah rumah layak huni.

Namun Bupati Poltak menekankan bahwa bantuan ini adalah stimulan bagi masyarakat agar memiliki kemauan bergotong royong baik dengan sesama masyarakat di desa maupun dengan keluarga dan kerabat.

"Kami juga harapkan masyarakat dapat membantu pemerintah dengan adanya kemauan yang kuat dalam bergotong royong, kita dituntut untuk membudayakan kembali gotong royong di tengah tengah masyarakat," kata Bupati Poltak 

Sebelumnya Plt.Kadis Perumahan dan Kawasan Permukiman Kabupaten Toba, Tagor Siburian dalam laporannya bahwa Kabupaten Toba di tahun 2022 ini menerima 360 unit BSPS dari Kementerian PUPR Dirjen Perumahan, bersumber dari APBN . 

Semua diserahkan dalam tiga tahap. Tahap pertama telah diserahkan di tanggal 2 Juni 2022 di Aula Kantor Camat Habinsaran sebanyak 95 unit untuk Kecamatan Habinsaran (61) dan Borbor (34), tahap kedua pada tanggal 3 Juni 2022di Kantor Camat Laguboti sebanyak 137 unit:untuk Kecamatan Tampahan (14), Siantar Narumonda (22), Silaen (74), Laguboti (15) dan Sigumpar (12).

Selanjutnya di tahap ketiga ini diberikan sebanyak 73 unit untuk tiga kecamatan yaitu Sigumpar (59),Siantar Narumonda (8), dan Laguboti (6)sebagai lanjutan dari proses bagi penerima yang belum lulus verifikasi sebelumnya.

Kemudian ada 12 unit lagi akan diserahkan masing-masing di Kecamatan Habinsaran (8) dan Kecamatan Silaen (4).

Dijelaskannya juga bahwa adapun beberapa kecamatan yang sama penerima BSPS di setiap tahap adalah bagian dari meneruskan proses verifikasi yang belum tuntas sebelumnya dari masyarakat yang menerima.

Anggota DPR RI, Jhonny Allen Marbun yang diwakili Tenaga Ahlinya Roy Simanjuntak menyatakan bahwa sebenarnya 360 unit yang diterima jauh dari permintaan Bupati Toba yakni 1000 unit.

Namun oleh karena Bapak Jhonny Allen sebagai perwakilan 19 kabupaten/kota di Provinsi Sumatra Utara saat ini harus membagi dengan merata dan harapannya untuk tahun ke depan jumlah alokasi bedah rumah di Kabupaten Toba dapat dioptimalkan lagi.

"Kita akan perjuangkan sebanyak mungkin agar daerah Tapanuli mendapatkan bantuan ini untuk memperbaiki kembali kualitas rumah layak huni," kata  Roy.

Ditambahkannya lagi bahwa melalui bapak Jhonny Allen juga telah mensertifikasi 100 tukang dari 200 tukang yang diminta oleh Bupati Toba oleh karena kedepan adanya tuntutan setiap tukang telah tersertifikasi oleh Balai Jasa Konstruksi Nasional.


Turut mendampingi Bupati, Plt. Asisten Pemerintahan Eston Sihotang, Plt. Asisten Administrasi Umum Verry S.Napitupulu, Plt.Kadis Perumahan dan Kawasan Permukiman Tagor Siburian,Plt. Kepala Bappelitbangda Sofian Sitorus, Kabag Tapem Samuel Lumbanraja, Kabag Umum Jepry Maradona.

Kemudian,  Camat serta Kepala Desa terkait,Kabid PIKP Diskominfo Rikardo Simamora,Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan Try Sutrisno P. Samosir (MC/Ung)

×
Berita Terbaru Update