Notification

×

Iklan

Iklan

Bupati Toba Ajak Punguan Ama Gereja HKI Ikut Berpartisipasi Dalam Pembangunan

Sabtu, 04 Juni 2022 | 21:00 WIB Last Updated 2022-06-04T14:00:13Z
Bupati Toba, Poltak Sitorus bersama kaum bapak, Punguan Ama (Perkumpulan Bapak) Gereja Huria Kristen Indonesia (HKI) 


Toba.Internationalmedia.id.-Bupati Toba, Poltak Sitorus mengajak kaum bapak, termasuk Punguan Ama (Perkumpulan Bapak) Gereja Huria Kristen Indonesia (HKI) ikut serta berpartisipasi dalam pembangunan daerah ini. 

Sikap Batak Naraja perlu kita terapkan apalagi daerah Kabupaten Toba saat ini sudah ditetapkan sebagai kawasan strategis super prioritas, yaitu pariwisata Danau Toba.

Hal ini disampaikan Bupati Poltak Sitorus saat menghadiri Konferda Punguan Ama ( Kumpulan Bapak) Daerah III Toba Samosir, Gereja HKI yang dilaksanakan di Gereja HKI Ressort Khusus Parparean Jl.Raja Sipakko Napitupulu Parparean II, Kecamatan Porsea, Kabupaten Toba, Provinsi Sumatra Utara, Sabtu, 4 Juni  2022.

Menurut Bupati Poltak Sitorus,sikap Batak Naraja adalah  Batak Namarugamo (Batak yang beragama), Batak Namaradat (Batak yang beradat), Batak Namaruhum (Batak yang taat hukum), dan Batak Namaparbinotoan (Batak yang memiliki pengetahuan).

Selanjutnya Ia juga menyinggung salah satu program Pemkab Toba, untuk  petani agar menyukseskan program tanam 2 kali setahun (IP2). Padi dua kali atau padi dilanjutkan bertanam jagung.

Disebutkan tujuannya untuk peningkatan produktifitas hasil pertanian demi mewujudkan petani yang makmur dan sejahtera, meskipun saat ini persediaan pupuk masih langka.

Untuk menyiasati pupuk yang langka, ia menyebutkan dinas terkait akan melakukan pendampingan pembuatan pupuk organik.

Berbagai program pemerintah kabupaten tersebut  tidak akan berhasil jika tidak mendapatkan dukungan semua pihak ,termasuk kaum bapak di Punguan Ama Gereja HKI .

Di bagian akhir sambutannya, Bupati Sitorus menyampaikan kembali apresiasi atas undangan panitia dan mengucapkan selamat melaksanakan Konferda yang akan berakhir Minggu ,5 Juni 2022.

Tujuan Konferda ini, sebagaimana mana disampaikan St.Harry Siagian adalah pemilihan pengurus Punguan Ama periode 2022-2026. Kemudian,
Punguan Ama  sebagai truth model ,agar menjadi teladan bagi keluarga, lingkungan ,dan gereja. 

Sebelumnya digelar ibadah yang dipimpin Pdt Juliana Sibuea,STh  dari gereja  HKI Parsoburan . Tema khotbah dikutip dari Alkitab ,Kolose 2 ayat ,7 yaitu : Hendaklah kamu berakar   di dalam Dia dan dibangun di atas Dia, hendaklah kamu bertambah teguh dalam iman yang telah diajarkan  kepadamu, dan hendaklah hatimu melimpah dengan syukur.

Di akhir acara, Praeses Daerah III, Pdt.Saidon Ambarita,S.Th ; Ketua Panitia Sarto Tambunan; Guru Huria HKI Balige Harry Siagian memberikan penghormatan berupa ulos kepada Bupati Poltak Sitorus dan rombongan.

Hadir mendampingi bupati, Pj.Sekdakab Toba ,Augus Sitorus; Kadis Lindup Raja Ipan Sinurat; Kadis Ketapang Sahat Manullang, Kadis PMD Henry Silalahi, Kaban Kesbangpol Josib Broztito Sianipar, Plt.Kadis Kominfo Sesmon T.B Butarbutar, dan Kabag Kesra Tanda Dongoran. (MC/Ung)

×
Berita Terbaru Update