Notification

×

Iklan

Iklan

Bangkitkan Kembali Gairah Pelaku Seni Budaya Untuk Dukung Kepariwisataan

Senin, 20 Juni 2022 | 15:30 WIB Last Updated 2022-06-21T08:39:40Z
Anggota Komisi II DPRD Jawa Barat Ir.H. Herry Dermawan 

Bandung.Internationalmedia.id.- Seiring dengan semakin melandainya pandemi covid-19, kini pelaku seni budaya di Jawa Barat mulai menunjukkan gairah lagi untuk melaksanakan kegiatan berseninya, dengan  mulai tampil dalam mengisi berbagai even kepariwisataan.

Anggota Komisi II DPRD Jawa Barat Ir.H. Herry Dermawan mengatakan, DPRD Jabar mendorong pemerintah Provinsi dan Kabupaten/kota se Jabar untuk mengadakan berbagai event kepariwisataan  dengan melibatkan para pelaku seni budaya.

Dikatakan, hal ini penting,  karena  selama pandemi covid-19, kondisi pelaku seni-budaya khususnya di Jawa Barat dalam kondisi mati suri karena tidak ada order buat manggung. 

Padahal Seni Budaya merupakan salah satu daya tarik tersendiri bagi wisatawan untuk datang dan menyaksikan.

“Event kepariwisataan tanpa kehadirian para pelaku dan pertunjukan  seni budaya, bagaikan sayur tanpa garam,  karena pertunjukan seni budaya merupakan daya tarik tersendiri bagi wisatawan untuk hadir dan menyaksikan pertunjukannya”,  kata Herry Dermawan saat dihubungi Senin, (20/6/2022).

Dikatakan, Politisi PAN Jabar ini, setiap daerah di kabupaten /kota di Jabar memiliki berbagai seni budaya yang mencirikan kekhasan sebagai kearifan lokal. 

Untuk itu, Komisi II DPRD Jabar yang salah satunya membidangi Kepariwisataan tentunya sangat mendorong  agar seluruh  pelaku Seni Budaya yang ada di daerah harus dibina, dikembangkan dan dijaga kelestariannya sebagai kekayaan budaya sebagai karakter bangsa, ujarnya.

Lebih lanjut, Herry mengatakan, kehadiran pemerintah dalam pelaksaaan kegiatan seni budaya diharapkan tidak hanya sebatas  kegiatan dinas dan ceremonial semata, tetapi harus mendukung dengan  fasilitas sarana-prasarana yang memadai, termasuk juga SDM yang memadai yang paham akan seni-budaya itu sendiri, termasuk juga keberpihakan anggaran.

Dengan demikian, outputnya kegiatan seni budaya misa menjadi daya tarik  industry pariwisata  dan juga dapat meningkatkan kesejahteraan bagi pelaku seni-budaya itu sendiri dan masyarakat disekitar tempat pelaksanaan event tersebut.

Potensi pariwisata akan sangat sulit dikembangkan bila hanya mengandalkan potensi alamnya saja tanpa melibatkan potensi lainnya. Soalnya keterlibatan pelaku seni budaya di daerah dapat menjadi potensi luar biasa.(Ter)

×
Berita Terbaru Update