Notification

×

Iklan

Iklan

Pelajar SMP Negeri 1 Narumonda Toba Raih Medali Emas Youth International Science fair 2022

Selasa, 22 Maret 2022 | 11:23 WIB Last Updated 2022-03-22T04:23:13Z
Pelajar SMP Negeri 1 Narumonda, Kecamatan Siantar Narumonda, Kabupaten Toba yang menorehkan prestasi di bidang penelitian

Toba.Internationalmedia.id.- Pelajar SMP Negeri 1 Narumonda, Kecamatan Siantar Narumonda, Kabupaten Toba menorehkan prestasi di bidang penelitian. Kali ini mendapat medali emas di Youth International Science fair 2022.

Pelajar SMP N1 Narumonda ini berhasil dengan topik pemanfaatan Tuba Saba atau Persicaria maculosa sebagai lotion anti nyamuk ekonomis.

Kita dapat medali emas di bidang Environment Science.Ini lanjutan dari lomba riset dari tim Sigumpar waktu saya masih jadi guru di sana, “sebut Roy Siagian selaku Kepala Sekolah SMP Negeri 1 Narumonda, Senin (21/3/2022).

Menurut Roy, tim pelajar sekolah yang dipimpinnya yang berhasil ini adalah yang telah diberangkatkan Bupati Toba Poltak Sitorus bersama tim KSN Nasional pada bulan Oktober 2021 lalu.

Pelajar tersebut adalah Nadien Panjaitan, Windy, dan Hilkya Daud Siahaan dengan Guru pendamping : Donald P. Aritonang.

Setelah kami perbaiki dan riset ulang, kami kirim paper ke panitia dan layak mengikuti lomba tingkat Internasional .

“Selama 3 bulan ini kami latihan dan riset bersama tim. Puji Tuhan berhasil dengan topik pemanfaatan Tuba Saba atau Persicaria maculosa
sebagai lotion anti nyamuk ekonomis,” sebutnya.

“Lomba kami ikuti secara daring diikuti dari berbagai negara. Kita mengikuti bidang Environment Science,ada kebiasaan petani Toba dari dulu, ketika marsuan (bertanam) di sawah dan banyak nyamuk. Untuk mengusir nyamuk dilakukan dengan mengoleskan daun Tuba Saba ke tangan,” sambungnya.

Mendengar cerita orangtua ini, lanjutnya, kami berniat melakukan riset untuk menemukan kandungan apa yang ada dan melakukan ujicoba untuk memperoleh efektivitas tuba saba dalam mengusir nyamuk.

“Ekstrak daunnya kami buat menjadi lotion dan diuji ke nyamuk yang puasa 24 jam. Dan ternyata sangat efektif,” bebernya.

Ditambahkannya soal persiapan tim, mereka dilatih selama 3 bulan presentasi dalam Bahasa Inggris .

“Puji Tuhan mereka bisa pak Dewan juri sangat tertarik dengan Riset ini, apalagi yang melakukan riset siswa kelas 7 SMP,” sebutnya lagi. 

Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Semarang, Jawa Tengah menjadi tuan rumah penyelenggaraan YISF 2022. (MC/Ung)
×
Berita Terbaru Update