Notification

×

Iklan

Iklan

Mahasiswa Indonesia di Denmark Berperan Memperkuat Kerja Sama Bilateral hingga Duta Seni dan Budaya

Selasa, 22 Maret 2022 | 10:50 WIB Last Updated 2022-03-22T03:50:41Z

KBRI Kopenhagen saat bertemu dengan para mahasiswa RI yang tengah menuntut ilmu di Denmark 

Jakarta.Internationalmedia.id.-Rangkul salah satu elemen masyarakat RI di Denmark, KBRI Kopenhagen bertemu dengan para mahasiswa RI yang tengah menuntut ilmu di Denmark (19/03/2022).  


Sebanyak 20 orang mahasiswa S2 dan S3 yang tengah menuntut ilmu di berbagai perguruan tinggi sekitar kota Kopenhagen, antara lain ITU (IT University), Copenhagen Business School (CBS), dan University of Copenhagen (KU), beserta keluarganya, secara antusias mengikuti acara pertemuan dan diskusi tersebut.


Dalam diskusi, Duta Besar RI untuk Denmark, Dewi Savitri Wahab menyampaikan pesan bahwa para mahasiswa RI memiliki peran penting dalam memperkuat hubungan kerja sama bilateral RI-Denmark, baik dalam bidang riset dan pendidikan, maupun dalam membuka dan memperkuat berbagai hubungan kerjasama teknis di bidang ilmu masing-masing. 


Dubes RI juga mengajak para mahasiswa menjadi promotor seni budaya dan potensi ekonomi Indonesia melalui berbagai kegiatan di kampus masing-masing.


Sejalan dengan pesan tersebut, Ketua PPI Denmark, Ulia Renfelia Baysi menyampaikan program kegiatan PPI Denmark di tahun 2022, berupa kegiatan online dan off-line terkait dengan promosi kesempatan belajar di Denmark.


Juga diskusi akademis untuk peningkatan hubungan kerja sama riset antar kampus di Denmark dan kampus / lembaga di Indonesia melalui jalur supervisor / kepala jurusan di masing masing universitas. 


Dibahas juga berbagai isu dan kendala yang dialami mahasiswa Indonesia selama melakukan studi di Denmark, antara lain tentang visa, beasiswa, serta harapan agar KBRI dapat terus mendukung dan berkolaborasi dengan PPI Denmark dalam berbagai kegiatan.


Saat ini di Denmark terdapat 35 orang mahasiswa yang tengah menempuh studi di berbagai jenjang di bidang-bidang keilmuan terkait IT, Data Science, Bioteknologi, Food Science dan Business and Cultural studies, dan beberapa mahasiswa tersebut juga telah bekerja di beberapa perusahaan / universitas di Denmark. 


Diskusi tersebut menghasilkan beberapa catatan upaya kolaborasi ke depan yang akan terus dilakukan antara KBRI Kopenhagen dan PPI Denmark dalam rangka promosi studi di Denmark dan upaya menarik minat para pelajar Denmark untuk belajar ke Indonesia.(marpa)


×
Berita Terbaru Update