Notification

×

Iklan

Iklan

Dukung Pembentukan Regional Security Strategy, Kepolisian RI Serahkan Kontribusi Sukarela ke MSG

Selasa, 29 Maret 2022 | 11:10 WIB Last Updated 2022-03-29T04:10:23Z

Jakarta.Internationalmedia.id.-Indonesia menyampaikan kontribusi sukarela kepada Sekretariat Melanesian Spearhead Gorup untuk membangun kerja sama di bidang keamanan yang disebut “Regional Security Strategy" (RSS) pada Selasa (29/03/2022). 

Kontribusi tersebut diserahkan secara virtual oleh Kepala Hubungan Internasional, Kepolisian Republik Indonesia, Inspektur Jenderal Polisi, Johni Asadoma kepada Direktur Jenderal MSG yang baru, Leonard Louma. 

Dalam pertemuan tersebut, dilakukan transfer dana sebesar seratus ribu Dolar AS, dari Polri ke Sekretariat MSG.

Kontribusi sukarela tersebut merupakan inisiatif Indonesia pada Police Ministers Meeting (PMM) MSG Kedua yang dilaksanakan pada tanggal 14 Maret 2017 di Jakarta. PMM menyambut baik niat POLRI untuk berkontribusi secara finansial mendukung pengembangan RSS.

Dirjen MSG, Leonard Louma menyampaikan apresiasi tinggi kepada Pemerintah RI atas dukungan dan kontribusi bagi pembuatan RSS. Diharapkan kerja sama yang baik antara kedua pihak dapat berlanjut di masa mendatang.

Selain kontribusi di bidang keamanan regional, Indonesia juga telah memenuhi kewajibannya selaku Associate Member/AM di MSG untuk mendukung program kerja MSG, terutama pada program-program pembangunan kapasitas di bidang perikanan dan lingkungan hidup. Hal ini sejalan dengan peran strategis Indonesia dalam meningkatkan kiprahnya di kawasan Pasifik. 

Sebagai inisiatif kerjasama di bidang keamanan, hubungan antara Indonesia dan Negara-negara Melanesia telah menunjukkan komitmen yang kuat untuk bekerja sama dalam upaya mencegah dan memerangi kejahatan transnasional di kawasan. Kami berharap bahwa dokumen RSS akan bermanfaat bagi keamanan wilayah MSG dan menumbuhkan kerjasama yang lebih kuat di masa depan.(lysmar)

×
Berita Terbaru Update