Notification

×

Iklan

Iklan

Bupati Dairi Sebut Pemenang Bukan yang Besar dan Kuat, Tapi Cepat dan Adaptif dengan Teknologi.

Sabtu, 19 Maret 2022 | 09:41 WIB Last Updated 2022-03-19T02:41:59Z
Bupati Dairi Dr Eddy Keleng Ate Berutu

Sidikalang.Internationalmedia.id.-Bupati Dairi Dr Eddy Keleng Ate Berutu menyebutkan, saat ini untuk menjadi pemenang bukan yang besar dan kuat, namun yang cepat dan adaptif dengan menggunakan teknologi.

“Kenapa? Karena saat ini ada digitalisasi yang berkembang dengan cepat setiap saat. Ini bagi anda semua yang selalu optimis,” ujar Bupati pada saat membuka kegiatan Digital Enterpreneurship Academy (DEA) yang diadakan oleh Balai Besar Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Penelitian (BBPSDMP) Kominfo Medan, Jumat (18/3/2022) di Aula SMK Negeri 1 Sidikalang. 

Digital Enterpreneurship Academy ini telah memasuki gelombang yang ketiga kepada 100 pelaku usaha yang ada di Kabupaten Dairi.

Menurut Bupati, pelatihan ini merupakan salah satu bentuk kerjasama Pemerintah Kabupaten Dairi dengan Kementerian Kominfo untuk melatih 5000 orang pelaku UMKM di Kabupaten Dairi.

Bupati mengharapkan usai pelantihan, ada perubahan dengan mengimplementasikan ilmu yang di dapat selama pelatihan dari para narasumber.

Disampaikan, fokus Dairi saat ini adalah pemulihan ekonomi pasca pandemi covid-19 dengan membangun kapasitas kewirausahaan bagi yang mengikuti kegiatan pelatihan.

Dalam kegiatan tersebut, Bupati Eddy Berutu utarakan terdapat 3 strategi ekonomi yang selalu disampaikan oleh Presiden Jokowi diantaranya adalah hilirisasi industri yakni memberdayakan seluruh pelaku UMKM.

Eddy Berutu menambahkan, Dairi saat ini sudah menerapkan digitalisasi dalam hal pembayaran transaksi melalui Qris dan secara bertahap akan diterapkan kepada seluruh masyarakat.

“Pelaku UKM Dairi sudah mendapatkan pelatihan digitalisasi melalui program inkubasi bisnis yang bekerjasama dengan Bank Mestika Medan sebagai upaya untuk persiapkan agar bisa masuk ke sektor e-commerce. Kita ingin adanya percepatan ekonomi melalui digitalisasi,” ucap Bupati.

Melalui pelatihan tersebut, Bupati Eddy harapkan penguatan berupa pembangunan infrastruktur, pelatihan pembinaan binaan sosialisasi dan pendampingan yang akan selalu dilakukan dapat mendorong dan menyemangati para pwelaku UMKM di Dairi untuk semakin unggul dan sejahtera.

Sementara itu, Perwakilan BBPSDMP Kominfo Medan, Parluhutan Siregar mengatakan kegiatan terlaksana atas kerjasama dengan Dinas Kominfo serta Dinas Perindustrian Perdagangan, Koperasi dan UMKM Dairi. 

Pelatihan ini merupakan suatu latihan untuk peningkatan kompetensi pengelolaan keuangan melalui sinergitas pengembangan SDM.

“Kebijakan pengembangan UMKM harus di dukung kebijakan yang kuat antara lembaga perbankan dengan pelaku UMKM. Kondisi pelaku usaha di tengah pandemi membutuhkan dukungan dari berbagai pihak agar dapat tetap bertahan,” katanya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Aryanto Tinambunan, Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UKM Iwan Taruna Berutu.(james)

×
Berita Terbaru Update