Notification

×

Iklan

Iklan

Sekda Jabar Apresiasi Kesiapan SMKN 9 Bandung sebagai SMK BLUD

Kamis, 03 Februari 2022 | 18:41 WIB Last Updated 2022-02-03T11:41:56Z
Sekda Jabar, Setiawan Wangsaatmaja mengapresiasi kesiapan SMKN 9 Bandung sebagai satu dari 35 SMK yang akan dijadikan BLUD, Kamis (3/2/2022)

Bandung.Internationalmedia.id.-Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jawa Barat (Jabar), Setiawan Wangsaatmaja mengapresiasi kesiapan SMKN 9 Bandung sebagai satu dari 35 SMK yang akan dijadikan Badan Layanan Umum Daerah (BLUD).

"SMKN 9 Bandung sudah membuka dan saya lihat ekosistemnya sudah dibentuk. Jadi, semuanya nyaris lengkap," tutur Setiawan usai meninjau teaching factory di SMKN 9 Bandung, Jln. Soekarno-Hatta No.10, Kota Bandung, Kamis (3/2/2022). 

Setiawan didampingi Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Jabar, Dedi Supandi meninjau beberapa teaching factory yang ada di SMKN 9 Bandung. Mulai dari kompetensi keahlian tata boga, kecantikan, tata busana, perhotelan, dan usaha perjalanan wisata. 

Setiawan menjelaskan, dengan kesiapan yang sudah dimiliki SMKN 9 Bandung, langkah selanjutnya adalah mencari off taker (pembeli atau penyalur) produk dan jasa tersebut. 

"Insya Allah, bersama Kadisdik, kalau sudah jadi BLUD, kita bantu bagaimana produk-produk yang dihasilkan harus tersalurkan dengan baik," ujarnya. 

Ia pun menegaskan pentingnya sekolah vokasional di zaman kiwari. "Sekolah vokasional jadi salah satu tujuan. Karena, di belahan dunia mana pun, di sekolah ini sangat dibutuhkan. Abad sekarang dibutuhkan orang-orang yang skillfull, mereka yang punya keahlian," terangnya. 

Sehingga, lanjutnya, SMK menjadi salah satu pilihan utama bagi mereka yang ingin segera bekerja. "Pemeirntah juga bertugas bagiamana menghubungkan ini semua. Jadi, SMK-SMK ini memproduksi skill-nya, pemerintah akan menyalurkan siapa yang membutuhkan," imbuhnya. 

Peninjauan ini juga dihadiri Kepala Bidang Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan Disdik Jabar, Edy Purwanto, Kepala Kantor Cabang Dinas Pendidikan Wilayah VII, Arief Subakti, dan Kepala SMKN 9 Bandung, Anne Sukmawati Kurnia Dewi.(Ter)

×
Berita Terbaru Update