Notification

×

Iklan

Iklan

BMKG Lakukan Sekolah Lapang Iklim Mendukung Food Estate di Humbahas

Kamis, 28 Oktober 2021 | 16:42 WIB Last Updated 2021-11-02T09:33:50Z
Penanaman Bawang Putih

Doloksanggul.Internationalmedia.id.- Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melakukan  kegiatan Sekolah Lapang Iklim (SLI) mendukung  pengembangan Food Estate Menuju Kampung Tanggap Iklim (27/10) di Lokasi Food Estate Desa Riaria Kecamatan Pollung, Kabupaten Humbahas, Sumatera Utara. 

Kegiatan ini juga diikuti melalui Video Conference (Vidcon) oleh anggota DPR RI, drh.Jonny Allen Marbun, MM dan Plt. Deputi Bidang Klimatologi BMKG Urip Haryoko.
 
Selain kegiatan ini, pada kesempatan itu juga dirangkai dengan kegiatan Penanaman Bawang Putih oleh PT. Parna Raya. Dilanjutkan dengan Penandatanganan Perjanjian Kerjasama Demonstation Plot (Demplot) Bersama PT. Calbee Wings dengan Petani.
 
Bupati Humbang Hasundutan Dosmar Banjarnahor, SE  menyampaikan apresiasi dan berbangga hati atas ikutnya Anggota DPR RI, Deputi Bidang Klimatologi BMKG, Owner PT. Parna Raya dan jajarannya dalam kegiatan hari ini. Terimakasih juga atas kehadiran sejumlah pihak terutama para petani.
 
Hari ini, tanggal 27 Oktober merupakan hari yang sangat luar biasa karena pada tanggal yang sama tahun lalu (2020-red) adalah hari dimana Presiden RI Ir. Joko Widodo datang dan hadir di sini. 

Bagaikan terbitnya matahari yang tidak bisa dihentikan, demikian kehadiran Food Estate di Desa Riaria ini, oleh karena itu masyarakat Desa Riaria dan Humbang Hasundutan patut bersyukur.
 
Diharapkan agar petani yang melaksanakan Perjanjian Kerjasama dengan off taker untuk bekerja serius. 

Kalau program ini gagal, yang malu kita semua. Pak Menko Marves sangat konsen dengan Pengembangan Food Estate ini. Hampir tiap hari berkomunikasi dengan Manager Lapangan, Pak Van Basten. 

‘Yakinlah, semua tanah yang ada di sini adalah tanah petani, tidak ada yang berubah. Keuntungannya pun, pasti sama kalian keuntungannya.’ ujar Bupati.
 
Mantan anggota DPR RI, drh.Jonny Allen Marbun, MM menyampaikan apresiasi atas peran serta semua pihak teruama BMKG yang melaksanakan Sekolah Lapang Iklim (SLI), PT. Parna Raya yang akan melaksanakan Penanaman Perdana Bawang Putih dan PT. Calbee Wings yang akan melaksanakan Penandatangan Perjanjian Kerjasama dengan Petani. Ini tentu akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat kita.

Jonny Allen Marbun meyarankan untuk melaksanakan SLI secara rutin khususnya kepada pertanian karena perubahan iklim dan cuaca hampir diseluruh dunia. BMKG yang ditugaskan oleh pemerintah untuk mempelajari dan mengamati iklim dan cuaca perlu memberikan informasi secara langsung kepada masyarakat dan melaksanakan kegiatan SLI ini secara berkala.
 
Pada kesempatan yang sama Deputi Bidang Klimatologi BMKG Urip Haryoko menyatakan BMKG akan selalu mendukung demi suksesnya Pengembangan Food Estate dalam rangka Ketahanan Pangan Nasional. 

Kegiatan ini juga bertujuan sebagai percepatan pemanfaatan informasi iklim kepada pengguna dalam proses ketahanan pangan serta meningkatkan produksi pertanian di Provinsi Sumatera Utara.
 
Konsep kegiatan ini adalah dengan penggandengan, dengan memberikan peran seluas-luasnya kepada petani untuk meningkatkan pengetahuan selama pelaksanaan SLI. 

Sekolah Lapang Iklim yang dilaksanakan hari ini bertujuan membantu pemahaman para petani di bidang pertanian dalam menerjemahkan informasi iklim untuk mendukung kegiatan usaha tani.  

Selain itu untuk meningkatkan kemampuan para petani di bidang pertanian dalam memanfaatkan potensi iklim untuk kegiatan pertanian serta dapat beradaptasi terhadap iklim ekstrim.

Pada kegiatan ini juga dilaksanakan pertanaman bawang putih PT. Parna Raya dilahan yang dikelola Kelompok Tani Ria Kerja, dan dilanjutkan penyerahan Alat Penakar Hujan Observasi kepada Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL). (Ung)

×
Berita Terbaru Update