Notification

×

Iklan

Iklan

Selamat ! Pemerintah Kabupaten Samosir Raih Penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya

Kamis, 30 September 2021 | 22:02 WIB Last Updated 2021-09-30T15:02:15Z
Bupati Samosir perlihatkan Penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya

Samosir.Internationalmedia.id.- Pemerintah Kabupaten Samosir untuk pertama kalinya meraih penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) Tahun 2021 kategori Tingkat Pratama dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia, Kamis (30/9/2021).

Anugerah Parahita Ekapraya (APE) merupakan penghargaan yang diberikan kepada Kementerian/Lembaga dan Pemerintah Daerah sebagai bentuk pengakuan atas komitmen dan peran para pimpinan Kementerian/Lembaga dan Pemerintah Daerah dalam upaya mewujudkan keadilan dan kesetaraan gender melalui strategi Pengarusutamaan Gender (PUG) yang dilakukan dua tahun sekali. 

Verifikasi APE Tahun 2021 berkaitan dengan agenda nasional dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2021-2024, yaitu meningkatkan sumber daya manusia berkualitas dan berdaya saing, dimana sasarannya meningkatkan kualitas anak, perempuan dan pemuda. 

Penghargaan ini diperoleh setelah melalui beberapa tahapan dan verifikasi lapangan yang dilakukan oleh tim verifikator independen. Setelah melalui tahapan dan verifikasi lapangan sebanyak 7 Kabupaten/Kota se-Provinsi Sumatera Utara memperoleh penghargaan APE. 

Bupati Samosir mengapresiasi dan menghimbau kepada kelompok kerja PUG Pemkab Samosir untuk terus melakukan pembenahan, peningkatan dan capaian kualitas dan kuantitas indikator PUG, sehingga akan memperoleh penghargaan pada level yang lebih tinggi. 

Bupati menegaskan bahwa Penghargaan APE bukanlah menjadi tujuan akhir dari pelaksanaan strategi Pengarusutamaan Gender. Tujuan akhirnya adalah meningkatnya kesejahteraan masyarakat melalui PUG.(Ung)

×
Berita Terbaru Update