Notification

×

Iklan

Iklan

Disparbud Nias Utara Gelar Pelatihan Tata Kelola, Bisnis Dan Pemasaran Destinasi Pariwisata

Jumat, 03 September 2021 | 16:00 WIB Last Updated 2021-09-03T09:00:09Z

Nias Utara.Internationalmedia.id.-Pemerintah Kabupaten Nias Utara melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan gelar Pelatihan Tata Kelola, Bisnis dan Pemasaran Destinasi Pariwisata Kabupaten Nias Utara Tahun 2021 di Aula Pantai Selancar  Turedawola Desa Afulu, Kecamatan Afulu, Kabupaten Nias Utara , Kamis,( 02 September 2021).

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Nias Utara, Bezisokhi Hulu, S.IP.,MM menyatakan, tujuan Pelatihan tersebut untuk meningkatkan pengetahuan, motivasi dan kemampuan para pengelola daya tarik wisata.

Desa wisata, dan destinasi pariwisata lainnya dalam melakukan tata kelola, bisnis, dan pemasaran destinasi pariwisata. 

Pelatihan Tata kelola, Bisnis, Pemasaran Destinasi Pariwisata dilaksanakan dalam 3 (tiga) hari mulai hari kamis 02 september 2021 hingga Sabtu 04 september 2021 dengan peserta berjumlah 40 orang.

Plh.Sekretaris Daerah Kabupaten Nias Utara, Drs. Folo’o Harefa, MM  dalam arahannya mewakili Bupati Nias Utara menyampaikan bahwa Pariwisata merupakan salah satu sektor unggulan yang memberi dampak positif dan signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi nasional dan daerah.

Namun dengan adanya pengaruh pandemi Covid-19 secara global perekonomian masyarakat sektor pariwisata menjadi terpuruk

Untuk itu pelaku usaha dituntut untuk lebih kreatif dan mengoptimalkan pemasaran, seperti pemasaran secara online atau melalui digital marketing.

Dikatakan, dengan upaya-upaya yang dilakukan maka  akan memberi dampak positif pada sektor kepariwisataan dan juga peningkatan perekonomian masyarakat. 

Hal tersebut dapat terwujud bila diimbangi juga dengan keberadaan SDM pariwisata yang terlatih. Pelatihan kepada SDM Pariwisata merupakan faktor terpenting yang turut menentukan keberhasilan, berkembang dan majunya kepariwisataan di daerah. 

SDM pariwisata terlatih yang akan  memperkenalkan dan mempromosikan pariwisata Nias Utara secara tepat sasaran kepada wisatawan nusantara dan mancanegara. 

Oleh sebab itu perlu dilakukan berbagai strategi marketing yang bersifat terpadu dan profesional dengan melibatkan seluruh stakeholder dengan penggunaan media berbasis IT-BASE Marketing dalam rangka mempromosikan dan memasarkan berbagai obyek dan daya tarik wisata alam dan budaya.

Selanjutnya, untuk pencapaian salah satu misi Bupati dan Wakil Bupati Nias Utara yakni meningkatkan pertumbuhan ekonomi yang berbasis keunggulan sumber daya lokal.

Maka sangat tepat didukung dengan persiapan peningkatan kualitas sumber daya manusia pariwisata melalui pelatihan sehingga menghasilkan SDM pariwisata yang kreatif, inovatif, profesional dan memahami era globalisasi serta digitalisasi dalam dunia kepariwisataan, dan mampu mengaktualisasikan unsur-unsur sapta pesona wisata dengan baik.

Mengakhiri arahannya sebelum membuka secara resmi pelatihan tersebut, Plh. Sekda menyampaikan kepada seluruh peserta agar selama mengikuti pelatihan untuk tetap mematuhi dan menjalankan protokol kesehatan serta mengikuti kegiatan pelatihan tersebut dengan sungguh-sungguh sampai selesai.(mahi)
×
Berita Terbaru Update