Notification

×

Iklan

Iklan

Aplikasi Kinerja ASN Jadi Sorotan DPRD Jabar

Jumat, 24 September 2021 | 10:45 WIB Last Updated 2021-09-24T03:45:53Z
Kunjungan Kerja Komisi I DPRD Provinsi Jawa Barat ke Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Jawa Barat untuk mendapatkan masukan dan informasi sistem kepegawaian di lingkungan Pemerintah Provinsi Jawa Barat di Kantor BKD Prov. Jabar,Jalan Ternate np. 2,Kota Bandung,Kamis (23/9/2021)


Bandung.Internationalmedia.id.-Apartur Sipil Negara (ASN) merupakan instrument negara yang berperan penting dalam kemajuan negara karena, penyelenggaraan pemerintahan bertumpu pada kinerja para ASN. 

Ketua Komisi I DPRD Provinsi Jawa Barat, Bedi Budiman mengungkapkan, ASN merupakan salah satu kunci dalam roda pemerintahan untuk penyelanggaraan roda pemerintahan yang baik.

“ASN itu kuncinya dalam penyelanggaraan pemerintahan, majunya negara sebenarnya ada ditangan para ASN,” ujar Bedi di Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Jawa Barat, Jalan Ternate no. 2, Kota Bandung, Kamis (23/9/2021).

Bedi menyebut, persebaran ASN di Jabar harus merata sesuai dengan kemampuan yang dimiliki setiap individu nya dan kebutuhan di setiap daerah. Terlebih, dengan adanya aplikasi Tunjangan Remunerisasi Kinerja (TRK) dan Kinerja Mobile (K-Mob) yang diterapkan dilingkungan Pemprov Jabar. 

Aplikasi tersebut mewakili bahwa kinerja semua ASN harus terintegrasi antar daerah kabupaten kota, provinsi hingga ke pusat. Dengan demikian, dalam mewujudkan ASN juara lahir batin dapat terealisasikan dengan baik.

“Sehingga dengan adanya sistem berbasis aplikasi itu semata-mata untuk meningkatkan kinerja para ASN di Jawa Barat,” ucapnya.

Anggota Komisi I DPRD Provinsi Jawa Barat lainnya, Sidkon Djampi menyoroti soal mutasi ASN berdasarkan usulan atau pengajuan diri, menurutnya, mekanisme yang dilakukan kebanyakan sudah terintegrasi dengan system yang ada di BKD, tetapi demikian apakah memungkinkan jika di antara puluhan ribu ASN mengajukan penempatan dari aspirasi.

Dikatakan, ASN yang ada di Jawa Barat idealnya mengikuti system yang sudah ada, tetapi apakah ada mekanisme lain selain penempatan dari BKD. Misalnya pengajuan diri atau ikut domisili suami dari ASN tersebut, tanya dia.

Sementara itu Anggota Komisi I DPRD Provinsi Jawa Barat Syahrir mempertanyakan aplikasi TRK dan K-Mob khususnya bagi kalangan ASN di Sekretariat DPRD Provinsi Jawa Barat (Setwan), Syahrir melihat jika ASN di Setwan kerapkali terkendala kealpaan dalam mengisi aplikasi tersebut lantaran berbenturan dengan tupoksi sebagai pelayanan kedewanan. 

Menurutnya, yang menjadi masalah adalah ketika sistem tidak menerima isian aplikasi dari ASN tersebut lantaran keterlambatan pengisian aplikasi dan dikategorikan kelalaian.

“Kebanyakan ASN di Setwan umumnya berfokus pada pelayanan kegiatan dewan, sementara mereka (ASN-red) juga harus memenuhi TRK dan K-Mob, ini menjadi kendala ketika tidak sesuai dengan system dari aplikasi tersebut. Padahal mereka juga sudah melaksanakan kinerja sesuai dengan kriteria dari sistem, kata Syahrir.

Sementara itu, Kepala BKD Provinsi Jawa Barat, Yerry Yanuar menjelaskan, terkait dengan mutasi ASN di lingkungan Pemprov Jabar, tentunya harus melalui seleksi terlebih dahulu sesuai dengan kriteria serta persyaratan dan diputuskan layak dan tidak nya oleh kepala daerah. Di sisi lain, soal keterlambatan pengisian aplikasi masih ada tenggang waktu.

“Artinya, semua aplikasi (TRK dan K-Mob, red) sudah disesuaikan dengan kebutuhan untuk meningkatkan kinerja para ASN di lingkungan Pemprov Jabar,” tambah Yerry.(lys)

×
Berita Terbaru Update