Notification

×

Iklan

Iklan

Doa Nusantara, Doa Bersama untuk Indonesia

Rabu, 18 Agustus 2021 | 21:47 WIB Last Updated 2021-08-18T14:47:27Z


Jakarta.Internationalmedia.id.-“Semoga Tuhan Yang Maha Esa melindungi dan menyelamatkan segenap bangsa Indonesia dalam menghadapi cobaan dan ujian pandemik wabah Covid-19 ini, aminn,” demikian akhir dari penutup doa Nusantara yang diucapkan oleh A.H. Dimas Wahab, Duta Besar RI untuk Hongaria di akhir upacara memperingati HUT ke-76 Proklamasi Kemerdekaan RI tahun 2021.


Peringatan di Hongaria kali ini berlangsung lain dari pada biasanya.  Setelah upacara Penaikan Bendera Merah Putih dilanjutkan dengan Doa Nusantara, Doa Bersama untuk Indonesia dengan melibatkan  para pemuka agama dari perwakilan masyarakat Indonesia dari agama Islam, Kristen, Budha dan Hindu yang berada di Hongaria.


Semua mendoakan untuk kesejahteraan dan segera pulihnya kembali Indonesia dari wabah penyakit Covid-19 dan maraknya kembali roda perekonomian masyarakat Indonesia.


KBRI Budapest dapat menyelenggarakan Upacara Peringatan HUT Kemerdekaan RI ini karena Pemerintah Hongaria mengizinkan kegiatan keramaian diluar gedung dengan maksimum peserta 500 orang dan setiap peserta telah memiliki kartu imunitas.


Lebih dari 70% penduduk Hongaria telah mendapatkan vaksin Covid-19 bahkan mulai bulan depan booster vaksin akan segera dilaksanakan.


Selain itu protokol kesehatan tetap dilaksanakan dengan wajib mencuci tangan dengan handsanitizer didepan pintu masuk yang telah disediakan oleh KBRI Budapest dan juga diberikan masker untuk dapat digunakan selama kegiatan dilaksanakan.


Upacara Pengibaran Bendera Merah Putih tersebut merupakan puncak dari rangkaian kegiatan memperingati HUT ke-76 Proklamasi Kemerdekaan RI tahun 2021 di Hongaria.


Sebelumnya KBRI Budapest telah melaksanakan kegiatan pertandingan persahabatan olahraga antara warga dan diaspora Indonesia antara lain pertandingan bowling, pertandingan bulutangkis serta pertandingan keluarga yang diisi dengan aneka permainan rakyat seperti lomba balap karung, makan kerupuk, lomba bakiak, lomba memasukan pensil dalam botol serta lomba domino. 


Rangkaian kegiatan akbar lainnya adalah KBRI Budapest bekerja sama dengan ITPC Budapest dan Pemerintah Distrik Terezvaros Budapest melalui Pusat Kebudayaan Eotvos10 dibantu oleh pelajar dan mahasiswa PPI Hongaria tepatnya pada tanggal 14 Agustus 2021 menyelenggarakan berbagai kegiatan seni budaya yang dikemas dalam program Indonesia Summer Festival 2021.


Kegiatan ini diawali dengan pembukaan pameran foto Indonesia hasil jepretan fotographer kenamaan dari Indonesia, Mario Blanco yang menampilkan 20 foto artistik mengenai alam, budaya dan masyarakat Indonesia.


Pameran foto tersebut berlangsung selama 1 minggu penuh yang ditempatkan di boulevard terkenal di distrik Teresvaros Budapest, yaitu Hunyadi ter.


​Ditempat yang sama sebelum pembukaan pameran dipandu oleh PPI Hongaria, diperkenalkan berbagai lomba tradisional khas 17an bagi masyarakat Hongaria.


Anak-anak dan warga Hongaria begitu antusias mengikuti setiap perlombaan yang diadakan baik itu lomba balap kelereng, memasukan pensil kedalam botol, makan kerupuk, lomba bakiak maupun lomba balap karung. 


Pembukaan pameran foto dimeriahkan dengan pentas seni budaya Indonesia. Berbagai tarian tradisional dan musik gamelan jawa memukau para tamu undangan dan penonton yang memenuhi Hunyadi boulevard. Lebih dari 400 orang tetap menyaksikan pertunjukan tersebut sampai selesai.


Para pengunjung disamping berpartisipasi dalam berbagai lomba, menikmati indahnya foto-foto Indonesia serta menyaksikan pentas seni budaya juga dapat mencicipi kopi khas Indonesia serta air kelapa segar dan kripik kelapa yang disediakan oleh ITPC Budapest bekerja sama dengan mitra dari Indonesia dan Hongaria.


Malam harinya kegiatan ditutup dengan pemutaran film dokumenter ditempat terbuka tersebut mengenai kehidupan Suku Mentawai di Sumatera Barat yang dibuat oleh sineas Hongaria.(marpa)

×
Berita Terbaru Update