Notification

×

Iklan

Iklan

Dari Turki, Mulai Ketua Parlemen, Menlu Hingga Bintang Sepak Bola Mesut Özil Ucapkan Selamat Hari Kemerdekaan Indonesia

Rabu, 18 Agustus 2021 | 21:35 WIB Last Updated 2021-08-18T14:35:18Z


Jakarta.Internationalmedia.id.-Masih dalam semarak peringatan hari kemerdekaan Indonesia yang ke-76, ada yang spesial daeri peringatan kemerdekaan Indonesia di Turki.

 

Sejumlah tokoh penting dan selebriti Turki menyampaikan salam persaudaraan, doa dan ucapan selamat ulang tahun ke-76 bagi Indonesia melalui video singkat ataupun postingan media sosial.

 

Dari kalangan tokoh politik dan pemerintahan, ucapan pertama yang diterima adalah dari Ketua Parlemen Turki, Mustafa Sentop, Menteri Luar Negeri, Mevlüt Çavuşoğlu.

 

Sementara itu, dari kalangan selebriti Turki, video ucapan selamat diterima dari Engin Altan Düzyatan, pemeran utama serial tv Turki yang sedang banyak digemari masyarakat Indonesia saat ini, Resurrection Eltugru.

 

Bintang sepak bola Jerman keturunan Turki yang saat ini memperkuat FC Fenerbahce, Mesut Özil juga tidak ketinggalan untuk memberikan ucapan selamat ulang tahun untuk Indonesia melalui video pendek dan postingan di media sosial Instagram miliknya.

 

Özil yang merupakan salah satu pemain terbaik Jerman, dikenal dengan “The King of Assist", pernah bermain di  Real Madrid dan Arsenal. 

“Ini menunjukkan kedekatan batin antara Turki dan Indonesia, baik di level pemerintah maupun rakyatnya. Mereka selalu menyebut Indonesia sebagai “a far away brother"(saudara yang letaknya jauh), bukan sekedar “teman".

 

Karena itu mereka selalu ingin hadir buat Indonesia di saat suka maupun duka.", ujar Lalu Muhamad Iqbal, Duta Besar RI untuk Turki, mengomentari video-video tersebut.

 

“Turki menaruh harapan besar Indonesia akan menjadi negara yang besar dan kuat di kawasan dan di dunia Islam, sehingga bisa bersama-sama Turki ikut membangun dunia yang lebih baik buat semua", imbuh Iqbal.

 

Sebelumnya, pada tanggal 8 Agustus lalu Turki juga mengirimkan bantuan bagi Indonesia untuk penanganan pandemicCovid-19. Bantuan berupa obat-obatan dan ventilator senilai lebih dari 100 miliar Rupiah tersebut dikirimkan di tengah Turki sendiri sedang berjibaku mnghadapi kebakaran hutan terburuk dalam sejarah Turki.

 

Berdasarkan catatan yang ada, meskipun tidak diminta, Turki selalu menjadi salah satu yang pertama hadir membantu Indonesia di saat Indonesia menghadapi bencana alam. Baik pada saat Indonesia menghadapi bencana Tsunami Aceh(2004), bencana gempa bumi Yogyakarta (2006) hingga bencana gempa dan tsunami di Sulawesi Tengah (2018).

 

Bahkan Presiden Erdogan mengirimkan Menteri Keuangannya, Beirat Albayrak, untuk terbang langsung ke Palu dengan pesawat transport militer untuk membawa bantuan pada bulan Oktober 2018 tersebut.(marpa)

×
Berita Terbaru Update