Jakarta.Internationalmedia.id.-Selama satu bulan penuh, produk-produk kerajinan asal Indonesia akan mengisi rak-rak toko konsep Merci: Beyond Bali yang baru saja diresmikan pada Jumat (23/07/2021).
Selain
mempromosikan produk-produk Indonesia, Merci Beyond Bali juga akan menghadirkan
suasana mengunjungi Indonesia meskipun di Paris. Merci Beyond Bali akan digelar
sejak tanggal 21 Juli hingga 22 Agustus 2021.
“Merci
Beyond Bali hadir mengobati rindu masyarakat Prancis yang tidak dapat berlibur
menikmati keindahan budaya Indonesia dan hijaunya pemandangan di zamrud
khatulistiwa akibat pandemi Covid-19," sebut Duta Besar RI Paris,
Arrmanatha Nasir pada acara pembukaan Merci Beyond Bali.
Promosi
Merci Beyond Bali yang rencana awal dilakukan tahun 2020, tahun ini
diselenggarakan dalam rangka menyambut bulan kemerdekaan Republik Indonesia
yang ke-76.
Lobi utama
toko Merci ditranformasi secara istimewa dalam dekor saung-saung di tengah
pepohonan hijau dan sawah yang berundak-undak seperti di Bali.
Masing-masing
saung menampilkan berbagai kekayaan kreativitas Indonesia yang disuguhkan oleh
sekitar 28 merk dari Indonesia. Mulai dari produk fashion, busana,
aksesoris dan pernak pernik, tas dan dompet, sampai dengan perabotan dan
peralatan makan, semua bertuliskan “Made in Indonesia".
Produk-produk
ini merupakan hasil kurasi toko Merci sendiri, didatangkan dan dibeli
Merci langsung dari Indonesia. Sejumlah barang pun sudah laku terjual di hari
pertama promosi. “CEO Merci menyampaikan kepada saya bahwa Merci akan
melakukan repeat order untuk beberapa produk karena
sudah sold out," tutur Dubes RI.
Acara
pembukaan Merci Beyond Bali yang dihadiri mitra KBRI Paris dari kalangan
pengusaha, desainer, budayawan, media Prancis dan Indonesia serta kalangan
Pemerintah dan Parlemen Prancis.
Acara
dimeriahkan dengan penampilan Tari Puspanjali dari Bali dan Tari Burung
Enggang dari Kalimantan Timur, serta dilengkapi sajian kuliner khas
Indonesia, dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan.
Sebelum
memasuki toko, para tamu harus menunjukkan bukti vaksinasi lengkap (Health
Pass) sesuai dengan kebijakan Pemerintah Prancis.
Kolaborasi
dengan toko, desainer, restoran, atau fashion house yang
mengerti pasar dan consumer base di Prancis menjadi strategi
utama KBRI Prancis dalam mempromosikan produk kreatif Indonesia.
Dalam
satu tahun terakhir KBRI Paris telah berkolaborasi antara lain dengan Merci,
Christian Dior, My Little Warung, dan Ithemba untuk mempromosikan berbagai
produk Indonesia.
Mekanisme
kerja sama memberikan keleluasaan bagi partner di Prancis untuk melakukan
kurasi dan secara langsung membeli dan mengurus semua proses impor dari
Indonesia.(marpa)