Notification

×

Iklan

Iklan

Sinergi KJRI Hong Kong dengan BUMN di Hong Kong Dorong Diplomasi Ekonomi

Rabu, 23 Juni 2021 | 11:17 WIB Last Updated 2021-06-23T04:17:47Z


Jakartaa.Internationalmedia.id.-Koordinasi dan sinergi yang erat antara Perwakilan RI dengan institusi keuangan BUMN di Hong Kong menjadi kunci pendorong diplomasi ekonomi yang saat ini terus digalakkan oleh pemerintah Indonesia.

 

Hal ini diwujudkan salah satunya melalui pertemuan KJRI Hong Kong dan Bank BNI, Bank Mandiri dan Bank BRI cabang Hong Kong, Selasa, (22/06/2021).

 

“Dalam situasi ketidakpastian ini, refocusing prioritas diplomasi ekonomi dilakukan agar tetap relevan dengan situasi terkini dengan salah satu prioritasnya adalah upaya pemulihan ekonomi nasional dan melanjutkan perlindungan WNI di luar negeri," ujar Konjen RI- Hong Kong Ricky Suhendar dalam arahannya.

 

Kolaborasi antara Perwakilan RI dan BUMN dalam hal pemanfaatan peluang ekonomi dan investasi juga akan mendorong penguatan citra positif Indonesia di luar negeri, termasuk di Hong Kong.

 

Hal ini juga merupakan tindak lanjut dari kesepakatan  kerja sama diplomasi ekonomi dalam rangka mendukung BUMN Go Global, antara Menteri BUMN Erick Thohir dan Menteri Luar Negeri Retno L.P Marsudi.

 

BUMN Perbankan di Hong Kong (Bank BNI, Bank Mandiri, Bank BRI)  memiliki beberapa program kolaborasi untuk mendukung pengembangan BUMN di pasar global, identifikasi peluang investasi inbound serta outbound, memberdayakan UKM ekspor, serta pengembangan kapasitas sumber daya manusia.

 

Hong Kong merupakan salah satu mitra penting dan strategis Indonesia, pada tahun 2020 Hong Kong tercatat sebagai 3 besar investor ke Indonesia dengan jumlah mencapai USD 3.8 Milyar dan perdagangan kedua pihak mencapai USD 4.7 miliar.​(marpa)

×
Berita Terbaru Update