-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Ekspor Tuna Indonesia ke Kanada Turun 66%

Selasa, 08 Juni 2021 | 6/08/2021 WIB Last Updated 2021-06-08T03:22:04Z


Jakarta.Internationalmedia.id.-Dalam upaya meningkatkan ekspor produk seafood Indonesia ke Kanada, KJRI Toronto menyelenggarakan 2 pertemuan terpisah dengan Diaspora Indonesia, Ikatan Pengusaha Perikanan (IPP) Sulawesi Utara dan sejumlah eksportir perikanan Indonesia (07/06/2021).

 

Pertemuan dilakukan secara daring  dan dihadiri oleh Sekretaris Jenderal Diaspora Indonesia di Australia, Ben Tampubolon; Ketua IPP Sulawesi Utara, Budi Wahono; Wakil Presiden Kargo Komersial PT Garuda Indonesia, Tbk, Aryo Wijoseno dan perwakilan dari PT Prima Indo Tuna, salah satu eksportir produk perikanan Indonesia.

 

Salah satu isu penting yang dibahas dalam pertemuan tersebut adalah jalur logistik untuk ekspor produk perikanan Indonesia ke Kanada. Letak geografis Kanada yang jauh dari Indonesia mengakibatkan harga jual yang tidak kompetitif.

 

Salah satu solusi yang dibahas adalah perlunya Indonesia memiliki mother vessel yang dapat mengangkut produk perikanan Indonesia dalam skala besar ke benua Amerika.

 

Terkait hal ini, Konsul Jenderal RI di Toronto, Leonard Hutabarat mendorong pelaku usaha Indonesia untuk secara langsung menyampaikan aspirasi tersebut kepada Pemerintah Pusat.

 

Konsul Jenderal RI di Toronto, dalam paparannya menggariswahi bahwa Provinsi Ontario merupakan salah satu provinsi di Kanada yang memiliki jumlah grosir seafood terbesar di seluruh Kanada, yakni mencapai 23.6%.

Menurut data IBISWorld, revenue dari industri perikanan dan seafood di Kanada dalam 5 (lima) tahun ke depan diperkirakan akan terus tumbuh. Hal ini menunjukan tingginya permintaan Kanada terhadap produk seafood.

 

Statistics Canada juga mencatat adanya peningkatan ekspor produk tuna dari Indonesia sebesar US$ 5.123.286 (26%) di tahun 2020 dibandingkan tahun 2019.Sementara untuk Triwulan I 2021, ekspor tuna Indonesia ke Kanada mengalami penurunan sebesar 66% dibandingkan periode yang sama di tahun 2020.

 

Meskipun mengalami penurunan nilai ekspor sebesar 9% di tahun 2020, ekspor produk udang Indonesia ke Kanada pada Triwulan I 2021 tercatat meningkat hingga US $ 4.802.946, atau naik sekitar 20% dibandingkan dengan periode yang sama tahun 2020.

 

Sesuai tugas pokok dan fungsinya, KJRI Toronto terus berupaya mendorong ekspor produk perikanan Indonesia ke Kanada termasuk melalui koordinasi langsung dengan para pelaku usaha di Indonesia.

 

Selain itu, KJRI Toronto aktif memfasilitasi komunikasi dan negosiasi secara end-to-end antara eksportir Indonesia dan calon buyer di wilayah kerja.(marpa)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

×
Berita Terbaru Update