Direktur Digital Business Telkom M. Fajrin Rasyid (kanan) menyerahkan cindera mata kepada Direktur Teknik Garuda Indonesia Rahmat Hanaf, Jumat(7/5/2021)
Jakarta.Internationalmedia.id.-Untuk meningkatkan
digitalisasi pariwisata Indonesia, PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom)
sepakat menjalin kerja sama dengan PT Sabre Travel Network Indonesia, sebuah anak
perusahaan PT Garuda Indonesia, untuk pemasaran bersama platform digital
pariwisata yaitu Wonderin.id dan TravelAja.
Penandatangan kerjasama ini dilakukan di kantor
Garuda Indonesia, jalan Kebon Sirih,Jumat, (7/5/2021),dilakukan oleh Executive
Vice President Digital & Next Business Telkom, Saiful Hidajat dan Direktur
Utama Sabre, Azhar Umar disaksikan Direktur Digital Business Telkom, M. Fajrin
Rasyid dan Direktur Teknik Garuda Indonesia, Rahmat Hanafi.
Wonderin.id sebagai salah satu layanan digital milik
Telkom yang fokus pada ekosistem pariwisata berpotensi melakukan digitalisasi
pada 4.500 agen perjalanan yang selama ini sudah punya kerja sama dengan Sabre,
melalui fitur Online Booking Tools (OBT).
Sementara Sabre sendiri merupakan market leader
Global Distribution System (GDS), khususnya distribusi tiket pesawat
intenasional.Dengan adanya OBT, ke depannya agen perjalanan dapat melakukan
reservasi inventori pariwisata tidak hanya untuk tiket airline domestik dan
internasional, namun bisa juga layanan akomodasi, lokasi wisata, paket wisata,
dan banyak lagi.
Ini dimungkinkan karena Wonderin.id sudah menerapkan
konsep XGDS, yaitu GDS masa depan dan mengakomodasi transaksi semua jenis
inventori pariwisata.
OBT sangat dibutuhkan banyak pihak tidak hanya agen
perjalanan di dalam negeri, namun ke depannya bisa dipasarkan ke agen
perjalanan regional.
Dengan sudah terdigitalisasi agen perjalanan akan
mendukung jika ada program stimulus atau promo dari pihak pemerintah maupun
swasta. Secara transparan akan mudah diidentifikasi siapa pembelinya, agen
perjalanannya, dan juga jenis inventori yang dibeli apakah tiket transportasi,
akomodasi, paket atau lokasi wisata, dan lainnya.
Ke depannya untuk menggenjot pemasukan devisa dari
wisata mancanegara, maka bisa saja diberikan insentif khusus, baik dalam
potongan harga maupun layanan tambahan.
Selama masa pandemi Covid-19, bagi perusahaan dan
instansi sangat perlu melakukan pengawasan dan pengendalian biaya perjalan
dinas bagi karyawannya.
TravelAja sebagai layanan Corporate Travel
Management (CTM) memiliki fungsi pengajuan dan persetujuan perjalanan dinas dan
pemesanan tiket transportasi, akomodasi, dan lainnya, di dalam satu aplikasi
yang sama.
Aplikasi ini akan bekerja sama dengan agen perjalanan
yang ditunjuk perusahaan dan instansi, sehingga bisa dikatakan TravelAja
menjadi solusi digital yang mendukung agen perjalanan yang selama ini sudah
melayani pelanggan korporasi.
Direktur Digital Business Telkom, M. Fajrin Rasyid menyatakan,
Telkom melakukan transformasi bisnis menjadi perusahaan telekomunikasi digital
melalui tiga pilar utamanya yaitu digital connectivity, digital platform, dan
digital service.
“Wonderin.id dan Travelaja merupakan komitmen Telkom
memajukan travel dan tourism Indonesia melalui digital service, optimalisasi
infrastruktur, dan layanan digital lainnya.
Selain itu, kami juga fokus mengembangkan beragam
layanan digital untuk ekosistem lainnya, seperti ekosistem pendidikan,
kesehatan, agrikultur, dan logistik.
Dengan adanya digitalisasi, kami optimis ekonomi
digital nasional akan semakin terakselerasi sehingga mampu menjadikan Indonesia
lebih baik lagi,” ungkap Fajrin.
Direktur Teknik Garuda Indonesia, Rahmat Hanafi
menyatakan, rasa gembiranya atas sinergi BUMN antara Telkom dengan Garuda
dengan mengoptimalkan potensi kekuatan masing-masing, saling mendukung, dan
melengkapi untuk menggarap industri pariwisata khususnya terkait penerbangan
dalam menghadapi masa sulit pandemi Covid-19 ini.
Ke depannya diharapkan kerja sama ini dapat
diperluas hingga bisnis kargo atau logistik dan lainnya.
Pada kesempatan yang sama, juga dilakukan
penandatangan nota kesepahaman antara Sabre dengan PT Aero Globe Indonesia
(AGI), di mana AGI sudah melakukan uji coba implementasi OBT Wonderin.id,
selanjutnya TravelAja dalam hal operasional sebagai agen perjalanan, serta
turut memasarkannya ke pelanggan korporasi.
Selanjutnya dilakukan live demo penggunaan OBT
Wonderin.id untuk pemesanan tiket pesawat oleh AGI dengan sistem yang berjalan
lancar dan siap digunakan seluruh agen perjalanan di Indonesia.(Ter)