Notification

×

Iklan

Iklan

Kemensetneg dan Sekretariat Colombo Plan Sepakati Dokumen Pengaturan Kerja Sama Selatan-Selatan dan Triangular

Selasa, 04 Mei 2021 | 15:19 WIB Last Updated 2021-05-04T08:19:47Z


Jakarta.Internationalmedia.id.- Kementerian Sekretariat Negara, dan Sekretariat Colombo Plan telah menandatangani dokumen pengaturan Kerja Sama Selatan-Selatan dan Triangular atau “Arrangement between the Ministry of State Secretariat of the Republic of Indonesia and the Colombo Plan Secretariat on South-South and Triangular Cooperation Programmes" secara daring, Selasa (04/05/2021).

 

Sekretaris Kemensetneg menjelaskan bahwa Pengaturan KSST menjadi dasar hukum pelaksanaan kolaborasi periode 2021-2023 di mana Indonesia mengusung 4 program, yaitu climate change adaptation, environment and disaster risk management; small and medium industry; women and child's rights protection; dan innovation and knowledge management.

 

Pelaksanaan 4 program tersebut akan melibatkan maksimum sebanyak 20 perwakilan dari negara anggota Colombo Plan dengan waktu selama 10 hari.

 

Duta Besar Indonesia untuk Sri Lanka, I Gusti Ngurah Ardiyasa yang turut menyaksikan prosesi penandatanganan, menekankan pentingnya implementasi program kegiatan yang disepakati dalam Pengaturan KSST.

 

“Menjadi tugas kita untuk melaksanakan program yang telah disepakati mengingat program KSST menjadi bagian dari komitmen Indonesia pada Agenda Pembangunan Berkelanjutan 2030," ujarnya.

 

Colombo Plan, yang berdiri tahun 1951, merupakan organisasi regional yang saat ini memiliki 27 negara anggota. Organisasi ini bertujuan mendukung pembangunan ekonomi dan sosial, memajukan kerja sama teknik, membantu alih teknologi serta berbagi pengalaman pembangunan antar negara anggota dengan penekanan pada konsep Kerja Sama Selatan-Selatan.

 

Sebagai anggota Colombo Plan yang bergabung pada tahun 1953, Indonesia dipandang aktif menyelenggarakan program pengembangan kapasitas dalam skema KSST.

 

Sejak tahun 2016 hingga tahun 2019, tercatat sebanyak 10 program KSST yang telah dilaksanakan dengan penerima manfaat sebanyak 191 orang dari 19 negara anggota Colombo Plan. Penyelenggaraan program KSST juga merupakan perwujudan komitmen Indonesia pada Agenda Pembangunan Berkelanjutan 2030.(lysmar)

×
Berita Terbaru Update