-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Hangatnya Berlebaran di Canberra Meski Tanpa Mudik

Kamis, 13 Mei 2021 | 5/13/2021 WIB Last Updated 2021-05-18T02:04:42Z


Jakarta.Internationalmedia.id.- Sejak pukul 07.00 waktu setempat, gema takbir berkumandang dari lapangan parkir KBRI Canberra pada Kamis (13/05/2021). Para jamaah dari berbagai tempat berdatangan lengkap dengan  busana muslim mengenakan jaket dan sarung tangan untuk menjalankan solat Idulfitri bersama di tengah cuaca dingin Canberra yang menyentuh 4 derajat Celsius.

 

Para jamaah yang telah mendaftarkan diri sebelumnya secara online mulai mengantri di depan gerbang KBRI untuk pengecekan registrasi. Meskipun kasus Covid-19 di Canberra telah menyentuh angka nol sejak beberapa bulan terakhir, namun pelaksanaan solat Idulfitri berjamaah di KBRI tetap diatur sesuai protokol kesehatan.

 

Solat Idulfitri kemudian dilanjutka dengan khutbah bertemakan "momentum Idulfitri untuk mengembalikan jiwa kita menuju kesucian melalui hablum minallah dan juga hablum minannaas".

 

Pada siang harinya, rangkaian kegiatan dilanjutkan dengan halal bihalal di Wisma Indonesia.

 

Dalam suasana penuh kehangatan, Duta Besar Indonesia untuk Australia, Y. Kristiarto S. Legowo beserta Ibu Caecilia Legowo selaku tuan rumah didampingi Wakil Kepala Perwakilan M. Syarif Alatas dan Ibu Vera Alatas, menyambut lebih dari 300 tamu yang terdiri dari pejabat Kemludag Australia (DFAT), kalangan diplomatik, masyarakat, diaspora Indonesia, dan friends of Indonesia.

 

Suasana akrab terasa lebih hangat dengan suguhan menu khas Idulfitri di Indonesia yakni opor ayam, rendang daging, sambal goreng kentang, serta bakso kuah panas yang secara istimewa disiapkan untuk merayakan hari besar ini. Tak kalah menariknya, disuguhkan pula Kopi Kapal Api dan produk makanan kemasan Indonesia yang berhasil memikat hati para tamu undangan.

 

Perayaan Hari Raya Idulfitri masyarakat dan diaspora Indonesia di Canberra tahun ini serasa mampu mengobati kerinduan akan perayaan yang sama di tanah air. Suara obrolan akrab dan tawa hangat terdengar dari berbagai sudut di Wisma Indonesia sambil menikmati hidangan hangat di tengah cuaca dingin Canberra.(marpa)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

×
Berita Terbaru Update