-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Bisa Untuk Kecantikan, Pengelolaan Potensi Arang Harus Ditingkatkan

Kamis, 20 Mei 2021 | 5/20/2021 WIB Last Updated 2021-05-20T09:45:37Z

Komisi I DPRD Provinsi Jawa Barat saat meninjau pengolahan arang oleh BUMDes Cisaat, Kabupaten Subang, Kamis (20/5/2021)

Bandung.Internationalmedia.id.-Anggota Komisi I DPRD Provinsi Jawa Barat Arief Rahman Hamid menyarankan, pengelolaan dan pemanfaatan arang dapat dikembangkan dengan memperkaya jenis produk sesuai dengan kegunaannya.

 

Arief mencontohkan, kegunaan arang dapat dimanfaatkan untuk kesehatan, kecantikan, kuliner dan sebagainya. Sehingga segi pasar, segmentasinya tidak hanya berkembang secara lokal saja.

 

"Cisaat ini memiliki kemampuan memproduksi besar dan potensi targetnya untuk pasar internasional," ucap Arief, seusai meninjau pengolahan arang oleh BUMDes Cisaat, Kabupaten Subang, Kamis (20/5/2021).

 

Lebih lanjut Arief berharap, geliat produksi arang Cisaat dapat lebih ditingkatkan untuk mendukung produksi arang Jawa Barat. Karena secara umum produksi arang yang beradal dari daerah-daerah di Jawa Barat jumlahnya masih tertinggal jika dibandingkan dengan daerah Kalimantan, Jambi, Lampung, Blora dan Banyuwangi.Sementara ini kebutuhan arang di Jawa Barat disuplai dari Jambi.

 

"Kenapa kita melihatnya ekspor? Karena jika ke market Indonesia bisnis akan tersendat karena tidak dimanfaatkan untuk sehari-hari. Berbeda dengan di Timur Tengah atau pun China yang memanfaatkan arang sebagai kebutuhan utama, sehingga casflownya jelas," katanya.(mar)

 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

×
Berita Terbaru Update