-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Pandemi-Covid-19 Hambat Renovasi 7 Puskesmas di Kota Bandung

Rabu, 14 April 2021 | 4/14/2021 WIB Last Updated 2021-04-14T08:01:58Z

Rumah kontrakan dijadikan Puskesmas di Sarijadi

Bandung.Internationalmedia.id.-Ada 7 Puskesmas di Kota Bandung di antaranya Puskesmas Sarijadi, Puskesmas Puter dan Puskesmas Babakan Surabaya  hingga saat ini tak kunjung direnovasi karena pemangkasan dana akibat pandemi Covid-19.

 

Padahal, rencana renovasi Puskesmas tersebut sangat mendesak dilakukan untuk peningkatan tambahan layanan dengan mempertimbangkan kondisi dan populasi penduduk sekitar.

 

Sebagai contoh, Puskesmas Sarijadi kota Bandung sudah dikosongkan dan mengontrak rumah penduduk sekitar radius 1 km  dengam harga Rp150 juta/tahun dan sudah berjalan tahun kedua.

 

Namun, Puskesmas yang sudah siap direnovasi tersebut hingga kini tak kunjung dikerjakan. Kondisi Puskesmasnya sudah rusak bahkan sebagian pagarnya ada yang hilang.

 

Dari pengamatan dilapangan, bukan itu saja,  layanan Puskesmas yang dikontrak tersebut tidak memadai karena kecil. Letaknya juga disudut. Akibatnya, layanan warga untuk Vaksinasi Covid-19 terpaksa dilakukan siang hari menunggu pasien reguler yang berobat selesai pukul 11 siang.


Kalau tidak diatur waktu pesien reguler dengan masyarakat yang akan mendapatkan vaksinasi sangat rentan terpapar Covid-19. Apalagi, saat ini yang mendapatkan vaksinasi adalah Lansia.

 

Dono,55 tahun seorang pasien menyatakan, renovasi Puskesmas ini seharusnya merupakan perioritas utama Pemkot untuk segera direnovasi karena ini merupakan sarana kesehatan yang sangat dibutuhkan masyarakat.

 

Menurut keterangan renovasi Puskesmas Sarijadi Bandung akan menelan biaya Rp 4 miliar seperti renovasi Puskesmas Sukasari yang dilakukan di tahun anggaran 2018.(Ter)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

×
Berita Terbaru Update