Notification

×

Iklan

Iklan

Mulai Bekerja, Dubes RI Serahkan Surat Kepercayaan kepada Raja Thailand

Rabu, 21 April 2021 | 10:49 WIB Last Updated 2021-04-21T03:49:22Z

Dubes RI serahkan surat kepercayaan kepada Raja Thaland

Jakarta.Internationalmedia.id.- Duta Besar RI untuk Thailand, Rachmat Budiman menyerahkan Surat Kepercayaan (Letter of Credence) dari Presiden Joko Widodo kepada Raja Thailand Yang Mulia Raja Maha Vajiralongkorn Phra Vajiraklaochaoyuhua di Ambara Villa, Istana Dusit, Bangkok melalui prosesi Royal Audience,Selasa, (20/04/2021).

 

Pada kesempatan tersebut, Raja Maha Vajiralongkorn Phra Vajiraklaochaoyuhua didampingi oleh Yang Mulia Ratu Suthida Bajrasudhabimalalakshana.

 

Rangkaian acara Royal Audience diawali dengan penjemputan Duta Besar RI di Kedutaan Besar Republik Indonesia oleh Pejabat Senior Kementerian Luar Negeri Thailand, Mr. Sumate Chulajasa. 

 

Penyerahan Surat Kepercayaan di Istana Raja berlangsung dalam suasana yang hangat dan khidmat dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

 

Dalam kesempatan tersebut, Duta Besar RI telah menyampaikan salam hangat dari Presiden Joko Widodo dan harapan kejayaan, keselamatan, dan kesehatan bagi Raja dan keluarga serta rakyat Thailand.

 

Duta Besar RI juga menyampaikan komitmen untuk peningkatan kerjasama bilateral di bidang ekonomi, khususnya di bidang perdagangan dan investasi; menjaga perdamaian dan stabilitas regional; memastikan saling mendukung di berbagai forum regional dan global; serta dalam penelitian dan pengembangan kebijakan kesehatan masyarakat, termasuk tentang vaksin Covid-19.

 

Raja Thailand menyampaikan ucapan selamat datang kepada Dubes RI memberikan dukungan sepenuhnya atas pelaksanaan tugas Duta Besar RI dalam meningkatkan kerja sama bilateral yang diharapkan dapat memberikan kontribusi yang siginifikan bagi masyarakat kedua negara.

 

Royal Audience diikuti oleh 6 Duta Besar asing yang ada di Thailand dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat termasuk pelaksanaan test PCR.

 

Selain Duta Besar RI, penyerahan Surat Kepercayaan juga dilakukan oleh Duta Besar Mesir, Duta Besar Filipina, Duta Besar Perancis, Duta Besar Bangladesh dan Duta Besar Portugis.

 

Hubungan bilateral Indonesia dan Thailand secara resmi dimulai sejak tahun 1950, meskipun secara historis terjalin sejak jaman kerajaan Sriwijaya. Kemudian pada tanggal 23 Februari 1952 Pemerintah Indonesia secara resmi  menempatkan Duta  Besar RI untuk pertama  kalinya. 

 

Tahun 2020, meskipun di tengah pandemi, kedua negara berhasil merayakan peringatan 70 tahun hubungan diplomatik dengan berbagai kegiatan yang melibatkan masyarakat, seperti lomba logo, seminar, pameran produk, dan pagelaran seni budaya.

 

Peringatan 70 tahun hubungan diplomatik ini mencerminkan kuatnya persahabatan dan jalinan kerja sama yang dimiliki oleh kedua negara.

 

Ke depan diyakni hubungan Indonesia-Thailand akan semakin berkembang dan meningkat serta memberikan manfaat nyata bagi masyarakat kedua negara, kawasan, dan juga global.(lysmar)

 

 

 

​(Sumber: KBRI Bangkok-Kemenlu RI)

×
Berita Terbaru Update