Notification

×

Iklan

Iklan

Duta Besar RI Kunjungi ABK WNI di Pelabuhan Vacamonte Panama

Jumat, 30 April 2021 | 12:48 WIB Last Updated 2021-04-30T05:48:58Z

KBRI Panama City bersama 10 ABK WNI

Jakarta.Internationalmedia.id.- KBRI Panama City temui 10 ABK WNI yang bekerja di kapal penangkap ikan Buque Balueiro Segundo, milik perusahaan Spanyol, Cadidalla S.L., di Pelabuhan Vacamonte, Panama (28/04/2021).

 

Kunjungan ini merupakan bagian dari tugas pelindungan WNI yang dilakukan oleh KBRI Panama City dalam memberikan pelayanan terbaik secara ‘jemput bola’ untuk melihat dan mendengar langsung kondisi ABK WNI di kapal-kapal penangkap ikan di wilayah kerja KBRI Panama City.

 

Melalui kunjungan ini, saya dapat bertatap muka dan berbicara langsung dengan WNI di lokasi kapal di mana ABK WNI kita bekerja.

 

Kunjungan ini sebagai upaya proaktif Negara dalam memberikan pelindungan maksimal bagi WNI di luar negeri sesuai kebijakan yang telah digariskan oleh Presiden RI, Joko Widodo, jelas Duta Besar Indonesia untuk Panama, Sukmo Harsono.

 

Duta Besar Sukmo Harsono juga berkesempatan memeriksa kondisi kapal, fasilitas, dan akomodasi para ABK WNI dan berbincang langsung dengan pemilik kapal yang berkewarganegaraan Spanyol.

 

KBRI Panama City juga mendistribusikan bantuan logistik berupa makanan, antara lain, seperti kecap manis, sambel, dan mie instan produk Indonesia, kepada para ABK WNI yang diterima dengan baik oleh ABK WNI.

 

“Kami senang atas kunjungan Pak Dubes ke sini, kami merasa diperhatikan,” kata Riswanto, salah satu ABK WNI.

 

Dikatakan, KBRI Panama City juga senantiasa berkoordinasi intensif dengan agen Onix Marine yang mewakili kepentingan pemilik kapal Buque Balueiro Segundo yang dikunjungi.

 

KBRI Panama City bekerja sama dengan beberapa Agen yang mewakili pemilik kapal untuk membantu ABK WNI. Onix Marine merupakan salah satu Agen yang telah bekerja sama KBRI Panama City dalam membantu pemulangan ABK WNI sebanyak 75 orang dalam 15 gelombang pemulangan sejak bulan Mei 2020.

 

Secara keseluruhan, KBRI Panama City telah membantu memfasilitasi repatriasi sebanyak 450 orang ABK WNI dari berbagai kapal dan agen di wilayah kerja KBRI Panama City sejak terjadinya pandemi COVID-19, jelas Counsellor Protkons, Rheinhard Sinaga.

 

Rencananya, KBRI Panama City akan melanjutkan kunjungan kepada kapal-kapal penangkap ikan lain yang memperkerjakan ABK WNI di pelabuhan Vacamonte, Panama.

 

Saat ini, KBRI Panama City telah berkoordinasi dan masih menunggu konfirmasi dari agen-agen terkait lainnya untuk menentukan tanggal kunjungan dan kapal-kapal yang akan dikunjungi.(marpa)

×
Berita Terbaru Update