-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Dr Happy Marpaung, Bangun Patung Yesus di Toba Sah-Sah Aja, Tapi....

Selasa, 27 April 2021 | 4/27/2021 WIB Last Updated 2021-04-27T08:04:17Z

Dr Happy Marpaung, mantan Direktur STP Bandung

Toba.Internationalmedia.id.-Bupati Toba Poltak Sitorus merencanakan pembangunan patung Tuhan Yesus untuk meningkatkan kunjungan wisatawan sekaligus menjadikan ikon Kabupaten Toba di Dolok Tolong, Kecamatan Tampahan, Kabupaten Toba.

 

Pembangunan yang sedang persiapan dasar di antaranya pelepasan hak dari hutan lindung menjadi taman hutan raya. Bupati punya konsep ide,Toba atau Balige secara khusus belum punya ikon seperti daerah lain tempat wisata itu ada ikonnya.

 

Dolok tolong memang potensial untuk dibuat menjadi ikonnya kawasan Toba secara umum dan Balige, secara khusus. Rencananya, bangunan Patung Yesus itu dibangun dengan ketinggian 65 meter.

 

Konsep yang akan dibangun idenya itu ada patung Tuhan Yesus tertinggi di dunia. Kalau yang tertinggi sekarang itu ada di Samosir 61 m berarti kita harus bikin 65 meter. Itu patung Tuhan Yesus memegang 2 ikan dan 5 roti.

 

Bukan hanya Patung Yesus, Bupati Toba Poltak Sitorus juga punya mimpi bangun kereta gantung dari Dolok Tolong ke Dolok Sipanihutu.

 

Yang kedua membuat cable car atau kereta gantung dari Dolok Tolong ke Dolok Sipanihutu.  Itu memang ide yang dianggap  sangat luar biasa tapi butuh investasi yang cukup besar.

 

Konsepnya sudah dibuat, potensinya memang sangat luar biasa, sama seperti cable car itu karena pemandangan dari atas itu kan luar biasa, ada sawah, ada pedesaan, danau.

 

Bupati Toba Poltak Sitorus telah memiliki kerjasama dengan investor terkait pembangunan kedua rancangan tersebut.

 

Satu hal yang kini dikerjakan adalah pelepasan hak dari hutan lindung menjadi hutan raya. Ia mengaku hal tersebut memiliki kesulitan tersendiri.

 

Dr Happy Marpaung CHT, Mantan Direktur Pascasarjana Sekolah Tinggi Pariwisata(STP) Bandung, penulis buku Pariwisata yang dipakai di Perguruan Tinggi menyatakan, bagi dia itukan sah sah saja apalagi bukan bersumber dari APBD Toba.

 

Buku Pengetahuan Kepariwisataan yang ditulis Dr Happy Marpaung

Bagi Bupati baru seperti Poltak Sitorus memang tentu punya mimpi hebat ingin mencetak sejarah agar namanya dikenang sepanjang sejarah politik pemerintahan di Toba, tambah mantan Dosen Program Doktor Unpad Bandung ketika diwawancarai, Selasa(27/4/2021) siang.

 

Pendapat ini berkaitan dengan rencana Bupati Toba, Poltak Sitorus membangun patung Yesus di Toba sebagaomana yang sudah ada di daerah lainnya di Indonesia bahkan di Mancanegara.

 

Putra asli Toba, Ketua Perhimpunan Homestay Tobasa yang saat ini sebagai Direktur Akademik Pariwisata ULCLA Tarutung lebih jauh menjelaskan, hanya jangan lupa, kalau patung tersebut adalah model duplikasi dari patung yang sudah dibuat duluan di kabupaten lain. 


Mungkin maksudnya ingin menonjolkan dominasi ke Kristenan di tanah etnis Batak. Pada hal mungkin pula justru memperlihatkan kegagahan premordialistik yang kelak justru mampu mengundang SARA di wilayah etnis Batak.

 

Ingat Toba itu kan tidak hanya dihuni oleh masyarakat Kristen.Saat ini, apakah masyarakat etnis Batak sudah mengikuti serta mengamalkan ajaran Yesus Kristus didalam kehidupan seharinya secara konsisten ?, tanya karateka Dan IV yang telah menerima Piagam Kesetiaan XXX tahun dari Presiden RI, Joko Widodo.

 

Jadi hati-hati memilih tema tersebut untuk menjadi atraksi wisata.

Dengan adanya ide yang sama dengan kawasaan lain tidak akan menjadi peluang karena yang dibangun tidak signifikan.

 

Bangunan akan menjadi kontra produktif. Lebih bagus kalau Bupati Poltak Sitorus membangun Agro Tourism serta merawat kawasan wisata dengan mendesain kota ramah lingkungan serta Desa Wisata, kata Dr Happy yang pernah mengajar guru Pariwisata di Jerman selama 2 tahun ini.(lysmar)

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

×
Berita Terbaru Update