Notification

×

Iklan

Iklan

Dianggarkan Rp 13 Miliar, Komisi IV Dorong Perbaikan Daerah Irigasi

Selasa, 13 April 2021 | 14:44 WIB Last Updated 2021-04-19T04:38:30Z

Anggota Komisi IV DPRD Jabar, H Daddy Rohanady

Bandung.Internationalmedia.id.-
Anggota Komisi IV DPRD Provinsi Jawa Barat, Daddy Rohanady menyatakan, pihaknya mendorong Pemerintah Provinsi Jawa Barat untuk melakukan perbaikan Daerah Irigasi di Jawa Barat.


Dikatakan, bendung dan saluran irigasi yang tidak berfungsi maksimal ditemukan ketika Ia meninjau Daerah Irigasi (DI) Cisamaya, Bendung Cidogdog, Desa Cisaat, Kecamatan Dukuhpuntang, Kabupaten Cirebon, serta DI Leuwijawa di Desa Cimara, Kecamatan Mandirancan, Kabupaten Kuningan.


Menurut Daddy, saat ini yang paling urgen diperbaiki adalah Irigasi Wilayah UPTD Cimanuk-Cisanggarung yang dibangun tahun 1972. Perbaik sesegera mungkin ini untuk mengantisipasi terjadinya pergerakan tanah yang bisa menyebabkan terputusnya aliran irigasi ke 270 hektar di Kecamatan Cisarua, Kabupaten Sumedang yang tidak terairi akibat irigasi ini yang tidak berfungsi.


Di sini, Daddy menemukan pintu air di bendung atau saluran irigasi tersebut berupa batang pisang.

 

Dalam perbincangan lewat telepon selulerrya, Selasa,(13/4/2021), Daddy lebih jauh menyatakan, dana untuk Sentig Kiri ini sebesar Rp Rp 13 miliar, diharapkan bisa terealisasi pada perencanaan tahun 2022.

 

Tapi untuk wilayah Sentig Kanan, ternyata lebih luas lagi. Bisa mengairi sekitar 800 hektar yang membutuhkan dana sebesar Rp 86 miliar. Mudah – mudahan Pemerintah Pusat juga bisa menurunkan DAKnya ke Irigasi ini sehingga Irigasi ini bisa berfungsi kembali, tambahnya.

 

Dikatakan, pembangunan Infrasturktur Pertanian yang salah satunya itu adalah pembangunan Irigasi, maka kalua irigiasi ini terairi, petani itu bisa menanam hingga 3 kali dalam 1 tahun, tetapi kenyataannya pada saat ini sawah – sawah mereka tidak ditanami karena tidak terairi.

 

Menurutnya, bahwa APBD Provinsi Jawa Barat itu sekitar Rp 43 triliun, sehingga pembangunan Infrastruktur Pertanian bisa teratasi.

 

Disinggung tentang dorongan dan dukungan dari Komisi IV terhadap Pembangunan Irigasi ini, Jajang mendorong kepada TAPD agar alokasi anggaran diutamakan dulu untuk Pembangunan Infrastruktur Pertanian.

 

Diharapkan, dengan adanya Pembangunan Irigasi ini, dapat menjadikan Ketahanan Pangan Provinsi Jawa Barat dan Ketahanan Pangan di Indonesia dapat terwujud.(Adikarya)

×
Berita Terbaru Update