Pekan Kerajinan Jawa Barat (PKJB) dan Karya Kreatif Jawa Barat (KKJB) di Trans Studio Mall (TSM), Kota Bandung, Minggu (4/4/2021).
Bandung.Internationalmedia.id.- Animo masyarakat
membeli produk Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Jawa Barat (Jabar)
sangat tinggi.
Hal itu terlihat dari banyaknya produk UMKM yang
terjual dalam Pekan Kerajinan Jawa Barat (PKJB) dan Karya Kreatif Jawa Barat
(KKJB) di Trans Studio Mall (TSM), Kota Bandung, Minggu (4/4/2021).
Perwakilan Dinas Perdagangan, Koperasi dan Usaha
Kecil Menengah (DPKUKM)Kota Cirebon, Heri Rinaldi mengatakan, satu per satu
batik khas Cirebon laku terjual.
“Ada yang suka batik pewarna alami, batik
kontemporer, dan batik cirebonan, Alhamdulillah motif keratonan kita habis.
Yang batik pewarna alami juga sudah banyak peminatnya,” kata Heri.
Heri menilai, PKJB dan KKJB menjadi ruang bagi UMKM
Jabar, khususnya Kota Cirebon, untuk mempromosikan produknya. Dengan
begitu, produk UMKM dapat dikenal
masyarakat Jabar meski dalam situasi pandemi.
Hal senada dikatakan pemilik brand TYU, Zara.
Menurutnya, kedua gelaran tersebut menjadi momentum pelaku UMKM untuk
memperluas pasar. Apalagi produk yang ditawarkannya, yakni buah kering atau
dried fruit, masih belum familiar.
“Saya berharap, semoga orang-orang bisa lebih kenal
dengan TYU karena ini merupakan brand baru. Kita sangat berharap brand
awareness dari masyarakat," kata Zara.
"Semoga (PKJB dan KKJB) ini bisa menjadi bagian
dari branding TYU agar masyarakat lebih mengenal produk TYU, produk dried fruit
(buah kering) tanpa gula dan tanpa pengawet,” imbuhnya.
Deputi Direktur Analis Eksekutif Divisi Advisory
Ekonomi dan Keuangan Bank Indonesia, Gentur Wibisono berharap gelaran PKJB dan
KKJB dapat melahirkan UMKM berkelas
internasional.
“Target dari PKJB dan KKJB ini adalah memunculkan
para UMKM yang berkelas internasional, mereka telah terkurasi dengan baik oleh
teman-teman Bank Indonesia dan Dekranasda Jawa Barat di bawah arahan dari Bapak
Gubernur Ridwan Kamil, Kepala Perwakilan Jawa Barat Bapak Herawanto, semua kita
dedikasikan agar UMKM Jabar Paten dan UMKM Jabar Juara,” ujar Gentur Wibisono.
Acara PKJB dan KKJB 2021 digelar untuk mendukung
Gerakan Nasional (Gernas) Bangga Buatan Indonesia (BBI). Kedua acara itu
mengusung tema “Sinergi Mengembangkan Kreativitas Menuju UKM Jabar Teratas”
dengan tagline #UKMJabarPaten.
Dalam rangkaian acara, akan ditampilkan berbagai
produk kriya, kain, kuliner, kopi dan industri kreatif mitra Bank Indonesia di
Jabar dan Dekranasda Jabar.
Selain itu, akan ditampilkan pula pemutaran video
pariwisata, tarian, fashion show, talkshow akses pembiayaan dan business
matching, serta berbagai penampilan hiburan menarik lainnya untuk mempromosikan
UMKM dan pariwisata di Jawa Barat secara nasional.(Ter)