Notification

×

Iklan

Iklan

Pertemuan Virtual Indonesia-Belize Sepakati Komitmen Peningkatan Hubungan Ekonomi

Selasa, 23 Maret 2021 | 15:55 WIB Last Updated 2021-03-23T08:55:15Z


Jakarta.Internationalmedia.id.-Dalam rangka meningkatkan hubungan bilateral Indonesia dan Belize, KBRI Mexico City bertemu secara virtual dengan Menteri Luar Negeri Belize, Eamon Courtenay (19/03/2021).

 

Pertemuan ini diselenggarakan setelah sebelumnya KBRI Mexico City telah bertemu dengan Perdana Menteri Belize pada 9 Maret 2021.

 

Dalam kesempatan tersebut Duta Besar Indonesia untuk Meksiko merangkap Belize, Cheppy T. Wartono dan Menlu Belize, Eamon Courtenay sepakati komitmen untuk memperkuat kerja sama ekonomi.

 

Kedua pihak antara lain menyepakati untuk membuka peluang investasi Indonesia ke Belize dan menekankan pentingnya penguatan kerja sama dalam bidang-bidang yang menjadi kepentingan kedua negara, khususnya maritim.

 

Menlu Belize juga mengakui pentingnya Archipelagic and Island States Forum (AIS Forum) yang digagas oleh Pemerintah Indonesia pada 2018 lalu melalui Deklarasi Manado sebagai inisiatif untuk menghadapi dampak perubahan iklim dan permasalahan terkait manajemen laut, serta menyampaikan komitmen pemerintahan baru Belize untuk kembali terlibat aktif di AIS Forum.

 

Dalam pertemuan tersebut, Menlu Belize menyampaikan keinginannya mengundang Duta Besar Cheppy dalam perayaan kemerdekaan Belize yang akan jatuh di bulan September, serta keinginan Belize untuk menyusun perjanjian kerja sama bilateral di bidang pariwisata mengingat tingginya kontribusi sektor tersebut bagi perekonomian Belize dan Indonesia.

 

Selain isu-isu bilateral, Dubes Cheppy Wartono dan Menlu Courtenay juga berbagi pandangan mengenai situasi pandemi COVID-19, serta menyepakati pentingnya mengarustamakan pesan distribusi vaksin COVID-19 yang adil dan merata, termasuk bagi negara-negara berkembang.(lysmar)

 

(Sumber: KBRI Mexico City)

×
Berita Terbaru Update