-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Mahasiswa Universitas South Louisiana Community College Pelajari Diplomasi Indonesia

Jumat, 05 Maret 2021 | 3/05/2021 WIB Last Updated 2021-03-05T07:08:53Z


Jakarta.Internationalmedia.id.-Duta Besar RI untuk Kuba, Nana Yuliana bekerja sama dengan Prof. William Gallagher memberikan kuliah umum bagi mahasiswa Universitas South Lousiana Community College, Lafayette, Amerika Serikat yang tertarik belajar mengenai sistem politik di Indonesia,Selasa,(2/03/2021).

 

Dubes Nana memberikan presentasi berjudul Indonesia Update 2021, yang menjelaskan secara umum mengenai politik luar negeri Indonesia, baik dari pendekatan bilateral maupun regional serta multilateral termasuk isu dalam negeri mengenai sistem politik dan Pemilu.

 

Dalam sesi tanya jawab dengan mahasiswa peserta kuliah, banyak hal yang ditanyakan mengenai peran Indonesia menghadapi krisis politik yang terjadi di Myanmar.

 

Dijelaskan bahwa Indonesia berperan aktif untuk berkontribusi menyelesaikan masalah di Kawasan. Menlu RI telah melakukan 'shuttle diplomacy' dan dukungan kepada pihak yang berkonflik untuk berdialog menjadi kunci dalam pemecahan masalah Myanmar tersebut.

 

Mahasiswa terlihat antusias dan memberi pandangan yang kritis mengenai materi yang disajikan. “Hal ini menjadi bukti bahwa masyarakat asing sangat tertarik untuk mengetahui Indonesia, tidak hanya mengenai budaya dan kultur tetapi juga dari segi politik dan kebijakan luar negerinya," tegas Dubes Nana.

 

Hal yang juga mendapat sorotan dan kekaguman mahasiswa peserta kuliah umum tersebut adalah mengenai budaya “blusukan" yang dilakukan oleh Presiden Joko Widodo.

Mahasiswa maupun Prof. William Gallagher menyatakan bahwa Langkah dan pendekatan yang dilakukan oleh Presiden Joko Widodo merupakan bukti hadirnya pemerintah di tengah masyarakat, hal ini menjadi pembelajaran tersendiri bagi mahasiwa tersebut.

 

Dubes Nana mengundang para mahasiswa program Ilmu Politik Universitas South Lousiana Community College tersebut untuk terus mendalami pengetahuan mengenai Indonesia dan akan membantu serta memberikan informasi mengenai perkembangan politik maupun kultur dan budaya di Indonesia sebagai bentuk soft power diplomasi Indonesia kepada kalangan milenial.(marpa)

 

(Sumber: KBRI Havana)​

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

×
Berita Terbaru Update