Notification

×

Iklan

Iklan

Hubungkan 2 Kabupaten, Pangdam III/Siliwangi Resmikan Jembatan Gantung Siliwangi 3 HUM 54

Jumat, 12 Maret 2021 | 19:53 WIB Last Updated 2021-03-12T12:53:22Z

Pangdam III/Slw bersama Ibu mencoba Jembatan gantung

Sumedang.Internationalmedia.id.- Pangdam III/Slw Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto kembali meresmikan sebuah jembatan gantung Siliwangi HUM 54 yag menghubungkan Kab. Sumedang dengan Kab. Majalengka, Kamis,(11/03/2021).

 

Tepatnya, jembetan ini terletak  antara Desa Palabuan, Ujung Jaya Sumedang dengan Desa Babakan Anyar, Kadipaten Majalengka.Jembatan ini dibuat atas kerjasama Kodam III/Siliwangi dengan Vertical Rescue Indonesia, Pemerintah Daerah setempat dan masyarakat.

 

Jembatan gantung ini juga termasuk dalam salah satu program 1.000 Jembatan Gantung untuk Indonesia dengan Panjang sekitar 140 m lebar 1,5 m terbentang diatas sungai Cimanuk yang dibangun kurang lebih sekitar 2 Minggu oleh prajurit Kodam III/Slw khususnya Kodim 0610/Sumedang, Kodim 0617/Majalengka dengan Masyarakat dan Tim Vertical Rescue Indonesia.

 

Wakil Bupati Sumedang berharap dengan telah terbangunnya jembatan gantung ini, Masyarakat Desa Palabuhan dan masyarakat Desa  Babakan Anyar lebih sejahtera, tingkat perekonomian semakin meningkat dan alur transportasi pertanian semakin lancar.

 

Bersamaan itu pula Bupati Majelengka, Karna Sobahi selaku wakil masyarakat mengucapkan terima kasih kepada Pangdam III/Siliwangi dan semua pihak yang telah berkontribusi karena dengan hadirnya jembatan ini akan memudahkan berkomunikasi, bersilaturahmi dan bertransportasi walaupun tidak dapat  dilalui dengan roda empat.

Mudah-mudahan hadirnya jembatan ini memberikan makna yang besar bagi warga masyarakat 2 Desa dari dua Kabupaten.

 

Pangdam III/Siliwangi menyatakan, keberadaan jembatan gantung ini bagi warga masyarakat sangat penting dan strategis. Bukan hanya sebatas sebagai sarana akses penghubung antar wilayah, tetapi juga memiliki pengaruh besar terhadap aktivitas sosial ekonomi masyarakat dan juga stabilitas pertahanan wilayah khususnya Desa Palabuhan, Kec. Ujung Jaya Sumedang dan Desa Babakan Anyar Kec. Kadipaten  Majalengka, ucap Pangdam III/Siliwangi.

 

Pangdam juga berharap dengan berdirinya akses jalan berupa jembatan gantung, bisa memberikan kontribusi dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat lahir maupun batinnya.

 

Tokoh Masyarakat Kab. Sumedang H.Umuh Muchtar juga Manajer dari Persib Bandung banyak memberikan kontribusi atas terbangunnya jembatan ini sehingga dari inisial namanya yaitu HUM (Haji Umuh Muchtar) di Sematkan dalam nama jembatan Siliwangi yang ketiga ini.

 

Dengan nama Jembatan Gantung Siliwangi 3 HUM 54 setelah jembatan gantung  Siliwangi 1 Desa Buah Dua, Sidurian Sumedang dan jembatan Siliwangi 2 Pameungpeuk Garut.

 

Dalam kesempatan tersebut H. Umuh Muchtar mengatakan, dengan terbangunnya jembatan ini, maka akan terjalin silaturahmi yang luar biasa diantara Desa Palabuan di Kab. Sumedang dengan Ds Babakan Anyar Kabupaten Majalengka.

 

Turut Hadir dalam acara tersebut Danrem 062/TN Kolonel inf Parwito, Danrem 063/SGJ Kolonel Inf Elkines Villando Dewangga, Para Asisten dan Kabalakdam III/Slw, Dandim 0610/Sumedang, Dandim 0617/Majalengka serta Danyon R 301/PKS.(Ter)

×
Berita Terbaru Update