-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Bupati Toba, Poltak Sitorus: “HOTEL” Menghambat Pembangunan

Jumat, 05 Maret 2021 | 3/05/2021 WIB Last Updated 2021-03-05T09:37:42Z

Bupati, Poltak Sitorus buka Musrenbang

Balige.Internationalmedia.id.-Bupati Toba, Poltak Sitorus menyatakan bahwa “HOTEL” selama ini merupakan penghambat pembangunan di Kabupaten Toba sehingga perlu mendapat perbaikan.

 

Hal ini dikatakannya saat membuka Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintahan Daerah (RKPD) di Kecamatan Borbor, Kabupaten Toba Tahun 2022 yang digelar di Gedung pertemuan Kecamatan Borbor, Kamis (4/3/2021).

 

HOTEL yang dimaksud Bupati adalah (Hosom, Teal, Elat, Late- (bahasa batak-red). Artinya, iri atau dengki. Ada semangat batak yang disebut Na Raja, inilah yang akan menghadang dan mengikis perilaku negatif HOTEL . HOTEL inilah yang selama ini menghambat pembangunan di daerah ini, katanya.

 

Dalam kesempatan itu, Bupati juga menyosialisasikan perilaku unggul Batak Na Raja, yaitu 1. Namarugamo. Masihaholongan jala masiurupan. 2. Namaradat. Manat, Elek, Jala Somba. 3. Namaruhum. Dang pajolo gogo, papudi uhum.4. Namarparbinotoan. Marbisuk jala pistar. Punya prinsip: Ikondo marsikkola anakkonhi.

 

Semangat Batak Na Raja inilah yang akan menghadang dan mengikis perilaku negatif HOTEL (Hosom Teal Elat Late: iri dengki). HOTEL inilah yang selama ini menghambat pembangunan di daerah ini.

 

Kepribadian Batak Na Raja inilah diharapkan akan membuat SDM di daerah Toba menjadi unggul,tambahnya.

 

Pada kesempatan itu, Bupati Poltak Sitorus yang didamping Wakil Bupati Toba, Tonny M Simanjuntak, Pemerintah Kabupaten Toba akan menggelar Lomba desa /kelurahan inovatif, kreatif , produktif dan tidak koruptif pada rangkaian peringatan HUT Ke-76 Kemerdekaan pada 17 Agustus 2021 mendatang.

 

Lomba ini diadakan sekaitan dengan program dalam visi dan misi Pemerintah Kabupaten Toba yaitu Toba Unggul dan Bersinar .

 

“Bagaimana kita mencapainya, kita harus memiliki keyakinan dan tekad dulu untuk semangat berjuang,” sebut Bupati Poltak.

 

Disebutkan juga hal pertama yang harus dibenahi adalag soal infrastruktur. Tidak ada gunanya yang hal lain (misalnya pertanian bagus) jika jalan rusak.

 

Kepada peserta Musrenbang yaitu para kepala desa , Bupati Poltak menyebutkan , Pemerintah Kabupaten Toba sesuai dengan visi pada rancangan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) yakni “Mewujudkan Toba yang Unggul dan Bersinar tahun 2026” dengan mengusung 5 program -Panca program yaitu:

 

Infrastruktur bagus dan merata,Sumber daya manusia unggul dan handal,Kesehatan yang prima dan terjangkau, Pariwisata berkah dan meriah, dan, Pertanian dan peternakan makmur dan sejahtera.(Ung)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

×
Berita Terbaru Update