Notification

×

Iklan

Iklan

Bupati Dairi Dukung Kick Off Revitalisasi Toilet Destinasi Pariwisata Super Prioritas Danau Toba

Kamis, 18 Maret 2021 | 21:44 WIB Last Updated 2021-03-18T14:44:18Z

Bupati Dairi, Dr Eddy Kaleng Ate Berutu(baju putih) ketika menghadiri acara Kick Off Revitalisasi Toilet Danau Toba

Samosir.Internationalmedia.id.- Pemerintah Kabupaten Dairi Bupati mendukung kick off revitalisasi toilet destinasi pariwisata super prioritas Danau Toba di Kabupaten Dairi dan Kabupaten Samosir.

 

Hal itu disampaikan oleh Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu saat menghadiri acara kick off revitalisasi toilet destinasi pariwisata super prioritas Danau Toba di Kabupaten Dairi dan Kabupaten Samosir pada Rabu (17/3/2021) di Samosir.

 

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu mengatakan sangat mengapresiasi yang tinggi khususnya kepada Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif secara khsusus kepada Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahudin Uno atas terlaksananya kick off revitalisasi toilet dimaksud.

 

Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu mengatakan Kabupaten Dairi yang sangat strategis berada di lintasan antara Kabupaten Karo – Humbang Hasundutan – Pakpak Bharat – Aceh Singkil dan Aceh Tenggara.

 

“Dengan topografi dan landscape berbukit dan bergelombang dengan potensi sumber daya alam yang indah, seni budaya unik, serta kuliner khas yang sangat potensial dan penuh pesona termasuk Tao Silalahi yang telah menjadi bagian dari Toba Caldera Unesco Global Geopark sebagai surga pelaksanaan event seni budaya, extreme sports, sports and eco-tourism,” terang Eddy.

 

Disamping itu, Bupati Dairi mengutarakan Pemerintah Kabupaten Dairi juga mengelola objek wisata religi Taman Wisata Iman (TWI) Sitinjo dan Taman Firdaus yang telah menjadi icon-nya pariwisata Dairi berdiri kokoh diatas lahan seluas 13 hektar.

 

“Saat ini kami telah memiliki platform visitdairi.com, yang merupakan sebuah platform berbasis pariwisata yang terintegrasi, fleksibel dan skalabel yang dapat dengan mudah diakses oleh masyarakat khususnya para wisatawan untuk menelusuri keindahan Dairi dan memenuhi kebutuhan dalam perjalanan seperti paket wisata, akomodasi, transportasi, souvenir dan kuliner,” papar Eddy.

 

Dikatakan, platform visitdairi.com ini juga dapat dimaknai bahwa UMKM Kabupaten Dairi akan menjadi “naik kelas” dipandang dari aspek produksi, kreasi khususnya dari sisi promosi dan pemasarannya.


Dengan penerapan sistem pembayaran dan transaksi non-tunai qris bekerjasama dengan pihak perbankan yang simpel, efektif, cepat dan nyaman, platform ini juga merupakan salah satu strategi dalam meminimalisir dampak pandemik covid-19 yang masih melanda dunia saat ini.

 

Dengan menyajikan sistem promosi dan pemasaran elektronifikasi digital online bekerjasama dengan pelaku UMKM untuk menjual produk UMKM seperti Kriya Ulos dengan konsep eco-fashion ulos yang ramah lingkungan dengan menggunakan bahan pewarna alami terbuat dari tanaman lokal seperti, daun ketapang, tayom, jeruk purut, ubi ungu, kunyit dan lain-lain yang tumbuh dan diolah dengan jemari terampil ibu-ibu kreatif keturunan Raja Silahisabungan,” tambah Eddy.

 

Menurut Eddy, melalui kick off revitalisasi toilet destinasi pariwisata super prioritas Danau Toba di Kabupaten Dairi dan Kabupaten Samosir serta pendampingan yang akan dilakukan untuk memastikan ekosistem mulai dari air bersih, hingga siapa yang akan mengelola toiletnya secara keseluruhan terpenuhi dengan baik. 


Dengan demikian, kedepan kita yakin dapat memberi kenyamanan pada wisatawan yang berkunjung ke wilayah danau toba apalagi disituasi pandemi, katanya mengakhiri.(james)

×
Berita Terbaru Update