-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Warga Brunei Darussalam antusias kunjungi Pameran Budaya Indonesia

Senin, 15 Februari 2021 | 2/15/2021 WIB Last Updated 2021-02-15T05:35:19Z

Pameran budaya Indonesia di Brunei Darussalam

Jakarta.Internationalmedia.id.-Dengan acara bertajuk “Global Cultures", warga Brunei Darussalam antusias berdesakan mengunjungi Pameran Budaya Indonesia di the Mall, Gadong, pada Sabtu (13/02/2021).

 

Para pengunjung kagum dengan keanekaragaman budaya Indonesia yang dipamerkan.

 

“Pameran Budaya Indonesia ini bertujuan untuk menumbuhkan pemahaman yang lebih besar akan kekayaan budaya Indonesia dan mendiseminasikan berbagai kegiatan kolaborasi komunitas Indonesia dengan warga Brunei Darussalam," ujar wakil KBRI Bandar Seri Begawan menjelaskan kepada  Dato Paduka Haji Mohd Alimin bin Haji Abdul Wahab, Ketua Majelis Kesejahteraan Orang Kurang Upaya (MKOKU).

 

Melalui pameran berjudul “Indonesia: Rich Cultural Heritage", KBRI Bandar Seri Begawan menampilkan beberapa barang pameran, informasi, dan rekaman video.

 

Mewakili 34 Provinsi Indonesia, ditampilkan boneka dengan pakaian adat dari pulau Sumatra, Jawa, Kalimantan, Sulawesi, dan Papua, beserta informasi terkait masing-masing provinsi.

 

Di pameran tersebut juga ditampilkan UNESCO Intangible Cultural Heritage of Humankind dan UNESCO World Heritage List yang berasal dari Indonesia. KBRI Bandar Seri Begawan menampilkan pakaian Tari Saman dari Aceh, Tari Gambuh dari Bali, seragam Pencak Silat hingga pakaian adat Minang yang merepresentasikan pantun.

 

Disajikan pula replika wayang kulit, miniatur angklung, miniatur perangkat membatik, miniatur kapal phinisi dari Sulawesi Selatan, foto masakan khas dari 34 Provinsi Indonesia berupa video, buku-buku budaya Indonesia dan brosur pariwisata.

 

Ditampilkan pula rekaman video kegiatan kolaborasi komunitas Indonesia, seperti Persatuan Masyarakat Indonesia (Permai) dan Perhimpunan Pelajar Indonesia.

 

Kegiatan itu seperti partisipasi pada Perayaan Hari Keputeraan Seri Baginda Sultan dan Yang Di-Pertuan Negara Brunei Darussalam Yang ke-73 (2019), Perarakan Maulid Nabi 1441 H (2019), Perbarisan Hari Kebangsaan Brunei Darussalam (2020), Gema Irama (2020), dan persembahan musik Angklung (2021).

 

Menyongsong Hari Kebangsaan ke-37 Negara Brunei Darussalam, kegiatan pameran ini, dan berbagai kegiatan komunitas Indonesia di Brunei Darussalam, kiranya mencerminkan kolaborasi yang tinggi dan hubungan persahabatan yang telah terjalin erat di antara kedua bangsa dan negara sejak 37 tahun lalu.(marpa)

 

(Sumber: KBRI Bandar Seri Begawan)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

×
Berita Terbaru Update