-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Dior Sepakati Kerja Sama untuk Pemberdayaan UMKM Indonesia selama Tiga Tahun ke Depan

Senin, 15 Februari 2021 | 2/15/2021 WIB Last Updated 2021-02-15T05:59:33Z

MoU Gubernur Bali dengan Christian Dior

Jakarta.Internationalmedia.id.-Gubernur Bali dan Christian Dior resmi tandatangani Memorandum Saling Pengertian (Memorandum of Understanding) yang bertujuan untuk bersama-sama mempromosikan ekspresi budaya tradisional Indonesia khususnya Tenun Endek Bali atas dasar saling menghormati dan saling menguntungkan (11/02/2021).

 

MoU tersebut merupakan aktualisasi dari pernyataan kehendak yang telah ditandatangani sebelumnya oleh kedua belah pihak pada tanggal 8 Januari 2021.

 

Kesepakatan ini memiliki ruang lingkup antara lain untuk promosi pemanfaatan Tenun Endek Bali, pemberdayaan UMKM, serta kegiatan dan bidang lain untuk mendukung aktualisasi penggunaan Tenun Endek Bali.

 

Hal yang sangat penting dalam kerja sama ini adalah tingginya komitmen bersama untuk melindungi Hak Kekayaan Intelektual, Pengetahuan Tradisional dan Ekspresi Budaya Tradisional khususnya untuk Tenun Endek Bali.

 

Hal ini sejalan dengan upaya perlindungan yang telah dilakukan Indonesia. Pihak Dior mengapresiasi langkah-langkah yang telah diupayakan Indonesia karena sejalan dengan semangat Dior untuk dapat melindungi Ekspresi Budaya Tradisional.

 

Dari hasil kerja sama tersebut terdapat beberapa Tenun Endek Bali yang telah melewati proses uji standar dan dipilih Dior untuk selanjutnya digunakan sebagai koleksi untuk Spring/Summer 2021 yang diperkirakan akan sudah mulai tersedia di boutique Dior seluruh dunia pada Maret 2021.

 

Selain komitmen antar kedua belah pihak, terbentuknya MoU yang akan berlangsung hingga 3 tahun ke depan ini memperlihatkan sinergitas yang erat antar K/L di Indonesia.

 

Hadir pada acara adalah pihak K/L terkait baik dari Pemerintah Pusat maupun Daerah, antara lain Pemerintah Provinsi Bali, Kementerian Luar Negeri, Kementerian Perdagangan, dan Kementerian Dalam Negeri

 

Dubes RI untuk Prancis, Arrmanatha Nasir menyatakan bahwa kesepakatan dengan Dior ini tidak akan dapat terealisasi bila tidak ada kerja sama antar seluruh instansi yang terkait, baik di tingkat Pusat maupun Daerah.

 

“Seluruh instansi terkait turut berkontribusi dalam menyukseskan kelancaran pembahasan dan pelaksanaan, semoga, ke depan, apa yang telah disepakati dapat memberikan manfaat yang diharapkan dan memperkuat ekspresi budaya tradisional Indonesia," ujar Dubes Arrmanatha.

 

Ia menambahkan bahwa diharapkan kerja sama ini dapat turut menciptakan terbukanya peluang-peluang kolaborasi dengan rumah mode lainnya.(lysmar)

 

(Sumber: KBRI Paris)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

×
Berita Terbaru Update