Notification

×

Iklan

Iklan

Komisi II Minta Dishut Kembangkan Budidaya Madu Trigona Cianjur

Rabu, 03 Februari 2021 | 14:49 WIB Last Updated 2021-02-04T02:12:49Z

Komisi II DPRD Jabar di Wilayah Hutan Cikanyere Cianjur

Cianjur.Internationalmedia.id.-Komisi II DPRD Provinsi Jawa Barat minta Dinas Kehutanan Jawa Barat agar peningkatan lahan konservasi dikombinasikan dengan pengembangan budi daya madu trigona di Kabupaten Cianjur.

 

Anggota Komisi II DPRD Provinsi Jawa Barat, Asep Suherman menyebutkan, pengembangan budi daya madu trigona merupakan salah satu terobosan dalam pengelolaan hasil hutan non kayu.

 

Dengan memanfaatkan hutan sebagai media pembudidayaan madu trigona tersebut dapat meningkatkan lahan konservasi dan dapat dikerjasamakan dengan masyarakat sekitar.

 

Dikatakan, madu trigona salah satu yang di kembangkan Dinas Kehutanan(Dishut) Jabar ini perlu kita dorong sebagai peningkatan potensi hutan, tambah Asep ketika meninjau di Wilayah Hutan Cikanyere, Kabupaten Cianjur, Selasa (2/2/2021).

 

Lahan hutan di Jawa Barat banyak yang berstatus lahan konservasi sehingga perlu ditingkatkan agar bermanfaat khususnya bagi masyarakat. Pasalnya, konservasi hutan tidak berdampak signifikan terhadap pengembangan ekonomi yang dikelola masyarakat.

 

Karena itu, Komisi II DPRD Provinsi Jawa Barat mendorong Dinas Kehutanan untuk mengoptimalkan potensi hutan menjadi lebih produktif.


Dia menambahkan, Komisi II sangat konsen terhadap program Dishut terutama dalam penganggaran. Terlebih, lahan kritis di Jawa Barat sudah mencapai satu juta hektar. Oleh sebab itu, program-program Dishut harus didorong secepatnya agar lahan-lahan kritis dapat diminimalisir atau dipulihkan.


“Kami prihatin dengan adanya lahan kritis di Jawa Barat yang mencapai satu juta hektar. Dalam hal ini Dishut harus mempercepat terobosan-terobosan untuk mengatasinya,” katanya
.(Ter)

×
Berita Terbaru Update