Notification

×

Iklan

Iklan

Serli J Napitupulu, Peserta Terbaik Lomba Desain Masker Kategori Fashion Nasional

Kamis, 21 Januari 2021 | 21:28 WIB Last Updated 2021-01-21T14:28:57Z

Serli J Napitupulu

Sidikalang.Internationalmedia.id.-Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Dairi meraih penghargaan pada perlombaan desain masker yang diselenggarakan Dewan Kerajinan Nasional Pusat dalam rangka memperingati Hari Ibu dan Pemberdayaan Potensi Perempuan Indonesia.

 

Perlombaan desain masker yang diadakan oleh Dewan Kerajinan Nasional memperebutkan Piala Ketua Umum Dewan Kerajinan Nasional Ny. Hj. Wury Westu Handayani Ma’ruf Amin.

 

Dekranasda Kabupaten Dairi meraih penghargaan perlombaan tersebut dari salah satu binaannya, yakni Serli J. Napitupulu yang berprofesi sebagai penjahit dan designer dari Kecamatan Sidikalang dimana Ia meraih penghargaan sebagai 25 peserta terbaik masker kategori fashion.

 

Serli mengatakan dalam mengikuti lomba tersebut telah mengikuti berbagai tahapan perlombaan yang telah ditentukan oleh panitia dimana salah satunya melakukan pemaparan lewat virtual tentang desain masker yang dibuatnya.

 

Dalam pemaparannya, Ia menyampaikan bahwa konsep desain masker yang Ia buat adalah konsep ramah lingkungan dengan menggunakan bahan kain tenun Ulos Silahisabungan.

 

“Bahan kain tenun Ulos Silahisabungan menggunakan bahan pewarna alami, di bagian masker saya gunakan motif bintang maratur. Untuk menambah bagian aksesorisnya, saya tambahkan aksen bagian kebaya untuk mempercantik tampilan masker,” jelasnya dalam pemaparannya.

 

Dijelaskan bahwa masker yang dibuatnya terdiri dari 4 lapis dimana bagian dalam masker diberi dengan bahan kain staplek soft (kain keras M10) dengan tujuan untuk mengencangkan masker sehingga virus tidak gampang masuk ke dalam mulut.

 

Sedangkan untuk pelapis, Ia mengatakan menggunakan bahan kain katun Jepang yang bahannya sangat lembut dan dingin serta nyaman ketika masker digunakan.

 

Serli yang juga sebagai pemilik usaha Rumah Mode Tabitha di Kota Sidikalang mengatakan untuk perlombaan tersebut di ikuti oleh peserta sebanyak 300 orang dan mengirimkan karya masing masing.

 


Atas penghargaan yang diraihnya tersebut, Ia mengucapakan terimakasih kepada Dekranasda Kabupaten Dairi khususnya kepada Ketua Dekranasda Kabupaten Dairi Ny. Romy Mariani Eddy Berutu atas dukungan yang diberikan selama ini kepadanya sebagai binaan Dekranasda.

 

“Saya sampaikan terimakasih kepada Ibu Ketua Dekranasda Ny. Romy Mariani Simarmata yang sudah mendukung saya untuk mengikuti lomba desain masker piala ketua Dekranasda ini.

 

Pada awalnya saya sangat pesimis mengikuti lomba ini dikarenakan waktu lomba diadakan pada waktu pekerjaan sangat banyak yaitu bulan 12 dan lomba ini dilombakan seluruh Indonesia. Namun, melihat semangat Ibu Romy akhirnya saya pun semangat mengikuti lomba ini,” ucapnya.

 

Serli juga menambahkan bahwa desain masker yang Ia perlombakan juga diproduksi atas pesanan Ibu Romy untuk dijadikan souvenir saat perayaan ulang tahun Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu pada tanggal 12 Januari 2021 dan dipakai langsung oleh Beliau bersama dengan Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Dairi Ny. Romy Mariani Eddy Berutu. 


Lomba desain masker tersebut memperlombakan 2 kategori, yakni kategori masker harian dan kategori masker fashion.(Ung)

×
Berita Terbaru Update