Notification

×

Iklan

Iklan

Dubes RI Bangkok Tegaskan Kembali Komitmen Kuat Indonesia dalam mewujudkan (SDGs) di tengah Pandemi Covid-19

Jumat, 22 Januari 2021 | 13:56 WIB Last Updated 2021-01-22T06:56:57Z


Jakarta.Internationalmedia.id.-Pada kunjungan kehormatan Duta Besar Indonesia untuk Thailand dan UNESCAP, Rachmat Budiman kepada Executive Secretary United Nations Economic and Social Commision for Asia and the Pacific (UNESCAP), Armida Alisjahbana, disampaikan komitmen kuat Indonesia untuk terus mewujudkan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) meskipun di tengah pandemi COVID-19 (20/01/2021).

 

Pada kesempatan tersebut, Dubes Rachmat juga menyampaikan Letter of Introduction dari Menlu RI kepada Ibu Armida menandakan dimulainya penugasan Dubes Rachmat sebagai Wakil Tetap RI untuk UNESCAP.

 

Duta Besar Rachmat menyambut baik perpanjangan mandat Armida sebagai Executive Secretary UNESCAP sampai akhir tahun 2022 dan menegaskan dukungan Pemerintah RI melalui KBRI Bangkok bagi keberhasilan pelaksanaan mandat tersebut.

 

Selanjutnya, Indonesia akan melanjutkan peran aktif dan kepemimpinannya di UNESCAP dalam mendorong implementasi berbagai kesepakatan global dan regional, khususnya Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals/SDGs) melalui peningkatan kapasitas dan bantuan teknis sejalan kepentingan bersama dan nasional Indonesia.

 

Duta Besar Rachmat juga berharap UNESCAP dapat terus mendorong penguatan kerja sama dan diplomasi multilateral di kawasan, termasuk dalam menjamin akses dan keterjangkauan vaksin bagi seluruh negara menuju pemulihan ekonomi dan sosial di kawasan Asia Pasifik.

 

Di dua tahun ke depan, Indonesia juga akan meluncurkan berbagai inisiatif tematik antara lain minyak sayur untuk pembangunan berkelanjutan; ekonomi kreatif; dan pengurangan resiko bencana.

 

Armida menyambut baik komitmen Dubes Rachmat dan Indonesia serta mengapresiasi partisipasi aktif dan kepemimpinan Indonesia dalam berbagai forum UNESCAP selama ini.

 

Armida juga berharap keberlanjutan hal tersebut di berbagai pertemuan mendatang, termasuk pertemuan tahunan Sidang Komisi ke-77 UNESCAP yang bertemakan “Building back better from crises through regional cooperation in Asia and the Pacific" pada 27-29 April 2021.

 

Indonesia melalui KBRI Bangkok akan berkoordinasi erat dengan UNESCAP guna memastikan diplomasi multilateral Indonesia menghasilkan kerja sama konkrit yang bermanfaat tidak hanya bagi kesejahteraan masyarakat di Indonesia namun juga di negara-negara kawasan Asia Pasifik.(lysmar)

 

(Sumber:  KBRI Bangkok)

×
Berita Terbaru Update