Notification

×

Iklan

Iklan

Ditinjau Komisi IV DPRD Jabar, "Situ Ciburuy laukna hese Dipancing"

Kamis, 14 Januari 2021 | 14:26 WIB Last Updated 2021-01-14T07:26:29Z

Komisi IV DPRD Jabar Kunker ke Situ Ciburuy Kab Bandung

Kab.Bandung.Internationalmedia.id.-Pimpinan dan anggota Komisi IV DPRD Provinsi Jawa Barat kembali meninjau Situ Ciburuy yang terletak di Jalan Raya antara Padalarang - Cianjur), Kabupaten Bandung, Kamis(14/01/2021).

              

Kunjungan ini dimaksudkan untuk memastikan sudah sejauhmana perkembangan program revitalisasi pembangunan Situ yang dibiayai Pemprov Jabar, melalui Dinas Sumber Daya Air(SDA) pada tahun 2019.

 

Anggota Komisi IV DPRD Provinsi Jawa Barat, Daddy Rohanady ketika diminta keterangannya di ruang Komisi IV, Kamis, usai meninjau kemajuan pengerjaan revitalisasi Situ Ciburuy menyatakan, proyek yang sempat mangkrak ini kembali ditata dengan menggelontorkan dana Rp 2,5 miliar di tahun 2019.

 

Namun, proses penganggaran saat ini dialihkan untuk percepatan penangaman Pandemi Covid-19 di Jawa Barat. Karena Pandemi Covid 19, maka anggaran baru kembali dianggarkan  pada tahun 2021 sebesar Rp 33 miliar, tambah Daddy.

 

Dikatakan, kedepan Situ Ciburuy tidak hanya berfungsi sebagai penampungan air irigasi, juga dapat dimanfatkan oleh masyarakat sebagai pusat wisata air dan menarik para wisatawan.

 

"Situ Ciburuy laukna hese Dipancing". Ini adalah salah satu lirik lagu Sunda-Jawa Barat. Artinya,"Situ Ciburuy ikannya susah dipancing", kedepan “Situ Ciburuy laukna tiasa Dipancing”(ikannya bisa dipancing) lewat kegiatan Wisata, kata Daddy.

 

Kunjungan kerja tersebut diikuti Ketua Komisi IV, Drs. KH. Tetep Abdulatip Wkl Ketua, H. Ali Hasan, S.IP dan Sekretaris Dr. Buky Wibawa Karya Guna dengan beberapa anggota Komisi dan dihadiri dari UPTD SDA, Deni.

 

Menurut Daddy, penataan yang dilakukan sekarang, membangun taman, dan lampu-lampu taman. Tanggul penahan tanah, serta pintu air yang tidak berfungsi.

 

Kemudian, penataan warung-warung dipinggir Situ, sarana parkir dan transportasi bus dari dan ke Situ Ciburuy. Juga pengelolaan masalah keamanan dengan baik supaya wisatawan terasa dan terjamin keamanan serta kenyamanannya ketika berkunjung ke Situ, katanya mengakhiri.(Lys).


×
Berita Terbaru Update