Notification

×

Iklan

Iklan

Bupati Batu Bara Sambangi Imigran Gelap Bersuku Rohingya

Minggu, 24 Januari 2021 | 20:25 WIB Last Updated 2021-01-24T13:47:34Z

Bupati Batu Bara, Ir H Zahir sambangi anak-anak Imigran gelap

Limapuluh. Internationalmedia.id.-Bupati Batu Bara Zahir bersama Asisten I Russian Heri dan Ketua DPRD Batu Bara M. Safi’I sambangi imigran gelap di Posko Karantina di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Batu Bara Sumatra Utara.

 

Sebelumnya imigran gelap diamankan Polres Batu Bara di suatu rumah kontrakan di kecamatan Medang Deras, Rabu (20/01/2021.

 

Mereka ada sebanyak 18 orang, berasal dari Rohingya dan Jawa Timur dengan rincian, 3 imigran Indonesia asal Jawa Timur dan 15 imigran asal Myanmar bersuku Rohingya yang terdiri dari ibu dan anak.

 

Para imigran berasal dari Aceh dan dipindahkan ke Batu Bara untuk segera diberangkatkan melalui pelabuhan tikus yang ada di wilayah Kabupaten Batu Bara.

 

Selain mengunjungi para imigran, Bupati Zahir melepas para imigran ini ke tempat asalnya. Tidak hanya itu, Bupati Zahir memberikan santunan berupa uang kepada imigran.

 

Menurut Bupati Zahir, imigran yang diamankan oleh satuan tugas Covid-19 dan Polres Batu Bara yang datang dari daerah luar Kabupaten Batu Bara untuk dikirimkan ke negara yang sudah lockdown (Malaysia). Dan ternyata mereka di tipu oleh oknum agensi penyalur TKI.

 

Sesuai dengan Standart Operasinaol Prosedur (SOP) satuan tugas Covid – 19 Kabupaten Batu Bara, Imigran terlebih dahulu dikarantina dan dilakukan pengecakan Covid –19. Ketika pengecekan sudah dilakukan semua dan dinyatakan steril/ negatif dari virus Covid – 19. Mereka dipulangkan ke tempat asal melalui Kementrian Hukum dan Ham.

 

Bapak Gubernur Sumut juga menyampaikan terima kasih kepada Pihak Imigrasi, kepada Kepolisian, pemerintah Kabupaten Batu Bara karena telah mengantisipasi penularan virus Covid 19 dari orang luar. Sehingga tidak ada klaster terbaru penularan virus Corona-19 di wilayah kabupaten Batu Bara,kata Zahir mengakhiri.(buyung)

×
Berita Terbaru Update