Notification

×

Iklan

Iklan

Eryani : Terapkan Nilai-Nilai Pancasila Kunci Bangsa Berbudaya Luhur

Rabu, 02 Desember 2020 | 15:01 WIB Last Updated 2020-12-05T11:22:26Z

Eryani Sulam bersama Konsituen

Indramayu.Internationalmedia.id,-
Di era kecanggihan teknologi saat ini tidak serta merta mencerminkan majunya sebuah peradaban manusia. Justru sebagian konsekuensi dari kemajuan teknologi tersebut surutnya kesadaran sosial dalam lingkungan masyarakat.

 

Terlebih, bangsa ini dapat dikatakan pesat dalam teknologi tetapi mundur dalam menanamkan nilai-nilai berbudaya, pemahaman ideologi sebagai dasar negara dan perwujudan berbangsa dan bernegara.


Karena itu, Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat Dapil 12 (Kabupaten Indramayu, Kota dan Kabupaten Cirebon) Eryani Sulam menilai, perlu penegasan kepada semua lapisan masyarakat dalam mengamalkan nilai-nilai pancasila untuk melaksanakan berbangsa dan bernegara.


"Seperti yang kebanyakan saat ini, masyarakat lebih menggandrungi budaya luar ketimbang budaya lokal," ujar Eryani dalam kegiatan Citra Bakti Parlemen dalam Sketsa Kebangsaan yang bertema Sosialisasi 4 Pilar di Aula SMK NU Pembangunan, Desa Bongas, Kecamatan Bongas, Kabupaten Indramayu, Selasa (1/12/2020).


Hal itu, tambah Eryani, mencirikan sebagai kemunduran dalam menerapkan budaya bangsa. Terlebih, fenomena penguatan tentang nilai-nilai nasionalisme yang juga tidak tampak seutuhnya di masyarakat saat ini.


"Banyak beredar di sosial media masyarakat terkena sanksi saat berkendaraan misalnya, kemudian diberi sanksi ditempat untuk membacakan poin-poin pancasila. Dan mirisnya banyak yang tidak hapal seutuhnya. Padahal, itu dasar negara yang seharus melekat dalam jiwanya," katanya.


Dengan demikian, perlu pendekatan yang masif untuk menanamkan nilai-nilai tentang berbangsa dan bernegara. Agar tidak terjadi kembali masyarakat yang tidak memahami konsep berbangsa dan bernegara yang baik.


"Harus ditanamkan setiap saat, tentunya saya berharap melalui kegiatan ini bisa mengingatkan dan swmakin menyadarkan masyarakat pentingnya mengamalkan nilai-nilai pancasila," tandasnya.(Ter)

×
Berita Terbaru Update