-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Restoran dan Kopi Indonesia Disukai di Stockholm Swedia

Kamis, 01 Oktober 2020 | 10/01/2020 WIB Last Updated 2020-10-01T00:54:35Z

Rostoran Indonesia di Stockholm Swedia

Jakarta.Internationalmedia.id.
-Dalam kunjungan kerja KBRI Stockholm ke kota Gothenburg, Koordinator Fungsi Ekonomi I, Akbar Makarti, telah bertemu dengan pengusaha restoran Sayur, Ibu Ivonia Mindawati, untuk berdiskusi tentang peluang dan tantangan mempromosikan masakan Indonesia di Swedia, serta memperkuat sinergi.

 

Pertemuan ini merupakan lanjutan dari rangkaian kegiatan reach out yang dilakukan KBRI Stockholm kepada para pengusaha kuliner Indonesia guna mendorong gastrodiplomacy di Swedia. Di wilayah kota Stockholm, terdapat tiga restoran Indonesia, yaitu Erna's Bistro, Jakarta, dan Warung. Selain itu, di kota Lycksele terdapat kafe milik pengusaha asal Indonesia yang terkenal dengan kopinya, yaitu Budhas Kaffe och Rosteri.

 

"Masyarakat lokal sangat menyambut baik kehadiran restoran kami ini", ujar Ibu Ivonia. "Bahan-bahan masakan cukup mudah didapatkan dan beberapa bumbu juga kami beli dari toko Indonesia di Stockholm".

 

Jumlah pengunjung restoran berkisar antara 50-70 orang per hari, bahkan bisa mencapai 80 orang pada akhir pekan. Kedepannya, Ibu Ivonia berencana membuka restoran baru dengan konsep yang berbeda, serta merekrut tenaga kerja tambahan.

 

Dari hasil diskusi dengan para pemilik restoran di Stockholm dan Gothenburg, diperoleh informasi bahwa makanan dan kopi Indonesia pada umumnya dapat diterima dengan baik oleh masyarakat Swedia. Hal ini terbukti dengan keberlanjutan bisnis restoran dan kafe Indonesia yang telah berjalan selama bertahun-tahun. Namun demikian, keberadaan restoran Indonesia di Swedia masih sangat sedikit jika dibandingkan dengan restoran Thailand dan Vietnam, yang tersebar merata di hampir seluruh wilayah Swedia.

 

"Untuk memperkuat brand awareness kuliner Indonesia, KBRI Stockholm siap bekerja sama dengan para pengusaha restoran Indonesia dan bantu dukung promosi", ujar Akbar.

 

Restoran Sayur didirikan pada tahun 2019 oleh pasangan suami-istri Fredrik Lundqvist dan Ivonia Mindawati. Restoran ini merupakan satu-satunya restoran Indonesia di kota Gothenburg, dan hanya menyajikan masakan vegetarian. Lokasi restoran yang berada di Olivedalsgatan ini memiliki kapasitas sekitar 25 orang, dengan jam buka siang hingga malam hari (Senin & Minggu Tutup). Menu yang ditawarkan sempat menarik perhatian media lokal Gothenburg, Göteborgs-Posten, yang mengulas restoran tersebut.(marpa)

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

×
Berita Terbaru Update