-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Punguan Raja Marpaung se Indonesia akan Gelar Kongres Nasional I di Jakarta

Minggu, 11 Oktober 2020 | 10/11/2020 WIB Last Updated 2020-10-11T12:05:31Z

St Kepler Marpaung, M.Min

Jakarta.Internationalmedia.id.-
Punguan Pomparan Raja Marpaung Dohot Boruna Indonesia (PPRMBI), akan gelar Kongres Nasional I secara Virtual Meeting(Zoom Meeting) di Jakarta, Sabtu, 17 Oktober 2020.

 

Dalam Kongres ini nantinya akan dideklarasikan pendirian Punguan Pomparan Raja Marpaung Dohot Boruna Indonesia(PPRMBI). Kemudian, Pemilihan Ketua Umum periodde 2020-2024 dan pengesahan Anggaran Dasar(AD)

 

Humas/Sekretaris Panitia Kongres Nasional I Punguan Pomparan Raja Marpaung Dohot Boruna Indonesia (PPRMB), St. Kapler Marpaung, M.Min menyatakan, Kongres ini digelar  merupakan respons dari keinginan hampir seluruh Ketua-ketua Punguan Raja Marpaung-Boru diseluruh Indonesia, mulai dari Aceh sampai Papua.

 

Dikatakan, embrio PPRMBI ini berawal dari, di bulan September 2017 atas inisiasi Kapler Marpaung, dibentuk group WA bernama Forum Komunikasi Marpaung Indonesia (FKMI).

 

Disepakati ketua FKMI adalah Kapler Marpaung dengan Sekretaris Drs. Efendi Marpaung. Namun di tahun 2018 Sekretaris berganti, dengan penggantinya adalah Kombes Hendrik Marpaung, dengan jabatan sebagai Sekjen FKMI. Hendrik saat ini  kapala BNN Provinsi Banten dengan pangkat Brigjen Polisi.

 

FKMI dibentuk sebagai forum Komunikasi Keluarga Besar Marpaung dan diharapkan menjadi inisiator Pembentuka Punguan Raja Marpaung dohot Boruna Indonesia (PRMBI).

 

FKMI telah banyak melakukan kegiatan, misalnya kegiatan sosial dalam suka maupun duka baik kepada anggota FKMI maupun bukan anggota FKMI.

 

Pengurus FKMI telah melakukan kunjungan ke beberapa wilayah seperti pertemuan dengan Pengurus Punguan Marpaung Kodya Medan. Acaranya adalah membicarakan rencana Pembentukan PRMBI. Pengurus Marpaung Kodya Medan sangat menyambut dan menyetujui. FKMI juga melakukan komunikasi kepada beberapa pengurus Punguan Marpaung dohot Boru  di wilayah lain dan  umumnya menyambut baik dan mendukung niat FKMI.

 

Dalam perjalanan waktu dan setelah ada figur yang dirasakan cocok sebagai calon Ketua Umum Punguan Raja Marpaung Indonesia, maka awal tahun 2020 diadakan pertemuan dengan pengurus Punguan Marpaung Jabodetabek untuk menyampaikan maksud pendirian PRMBI dan disambut baik dan disetujui.

 

Pertemuan para inisiator pembentukan PRMBI dengan Ketua-Ketua/ Pengurus Punguan Marpaung Wilayah-wilayah /provinsi yang  selanjutnya acara ini disebut Pra-Kongres I , yaitu pada tanggal 19 September 2020 melalui Virtual Meeting (Zoom Meet).

 

Acara Zoom Meet ini dihadiri oleh inisiator antara lain Irjen Pol Wilmar Marpaung, Kombes Santun Marpaung, Daud Marpaung, SH, MH, Kapler Marpaung, M.Min, Drs. Rommel Marpaung, Hansen Marpaung, SE,  dan beberapa Ketua/Pengurus Punguan Marpaung dohot Boruna dari provinsi/wilayah Kodya Medan, Jabodetabek, Batam, Bandung, Bali, Papua, Sulawesi Utara, Riau, Palembang, Bengkulu, Pontianak, Yogyakarta, Semarang, Surabaya, Bangka Belitung, Padang, Banten , NTT dan Jambi.

 

Kapler Marpaung, Rommel Marpaung, Wilmar Marpaung sudah menjadi anggota FKMI sejak berdiri.

 

Hasil dari Acara Pra Kongres I ini adalah sepakat untuk pendirian Punguan Pomparan Raja Marpaung dohot Boruna Indonesia, sementara disingkat PPRMBI.

 

Acara Pra Kongres I dilaksanakan tanggal 3 Oktober, dengan agenda membicarakan draft Anggaran Dasar PPRMBI. Disepakati draft Anggaran Dasar yang dibuat oleh Tim Perumus AD yang diketuai oleh Kombes Santun Marpaung, Kapler Marpaung (Sekretaris) dan anggota antara lain; Wilmar Marpaung, Drs.Sahala Marpaung, MM, Drs. Rommel Marpaung, Gopas Drs. Marpaung, Daud Marpaung, MH, Drs. Togap Marpaung, Edu Marpaung, St. Robert Marpaung dan Hansen Marpaung, SE.

 

Pra Kongres II dihadiri oleh semua Tim Perumus AD dan nota bene sebagian adalah inisiator pembentukan Punguan Marpaung Indonesia, serta dihadiri oleh Ketua-Ketua/pengurus  Wilayah antara lain; Kodya Medan, Batam, Papua, Sulawesi Utara, Riau, Palembang, Bali, Bengkulu, Pontianak, Yogyakarta,l Semarang, Bandung, Surabaya, Bangka Belitung, Padang, Banten, Lampung, Pontianak, NTT, dan Jabodetabek.

 

Terdapat beberapa usulan-usulan dari Wilayah dan menjadi catatan Tim Perumus untuk penyempurnaan Anggaran Dasar PPRMBI. Usulan dan masukan antara lain mengenai anggota PPRMBI, iuran anggota yang mana hal ini disepakati akan diatur dalam Anggaran Rumah Tangga nantinya. Usulan lain adalah penyempurnaan draft Logo PPRMBI.

 

Atas kesepakatan ini, maka Kongres Nasiola I digelar Sabtu 17 Oktober 2020 secara virtual. Adapun agenda utama, Deklarasi Pendirian Punguan Pomparan Raja Marpaung dohot Boruna Indonesia (PPRMBI), Pemilihan Ketua Umum periode pertama yaitu 2020-2024, serta pengesahan Anggaran Dasar.

 

Dalam Kongres Nasional I ini tidak lagi membahas isi dan pasal-pasal draft Anggaran Dasar, karena sudah dibahas pasal-per pasal pada Pra Kongres II, sehingga di Kongres Nasional I hanya mensyahkan saja sehingga pengesahan AD sesuai dengan prinsip-prinsip dasar berorganisasi.

 

Irjen Pol (P) Drs Wilmar Marpaung,SH

 

Menurut Kepler Marpaung, sampai sekarang yang menyatakan akan maju dan sebagai calon Ketua Umum PPRMBI adalah Irjen Pol (P) Drs. Wilmar Marpaung, SH. Calon lain kalau ada akan terlihat nanti pada Kongres Nasional I tanggal 17 Oktober 2020.

 

Ketua /Pengurus Punguan Marpaung provinsi/wilayah yang akan hadir pada Kongres Nasional I nantinya diperkirakan dari 25  Wilayah Provinsi. Peserta Kongres Nasional I dari setiap wilayah bisa dihadiri oleh 3- 4 orang, namun Hak Suara tetap satu dan semua peserta mempunyai hak bicara. 

 

Khusus pada Kongres Nasional I, telah disepakati pada Pra Kongres I dan II bahwa Hak Suara adalah satu dari setiap Provinsi. Ketentuan ini disepekati karena sampai sekarang belum ada data pasti sudah berapa banyak Punguan Punguan Marpaung dan Boru yang sudah terbentuk/ berdiri di Indonesia.

 

Apabila kondisi sudah memungkinkan, acara Pelantikan Pengurus rencananya akan dilaksanakan di Balige Kabupataen Toba di lokasi Tambak Raja Marpaung pada bulan Desember tahun ini kata Kapler Marpaung.(Rel)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

×
Berita Terbaru Update