-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Onan Balige akan Direvitalisasi dengan biaya Rp 23,6 Miliar

Kamis, 22 Oktober 2020 | 10/22/2020 WIB Last Updated 2020-10-22T10:48:45Z

Onan Balerong Balige

Balige.Internationalmedia.id.-
Onan( pasar tradisional )Balige yang terletak di jalan Sisingamangaraja, pusat kota Balige akan direvitalisasi mulai bulan November 2020 mendatang.

Revitalisasi Pasar  ini menggunakan Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) tahun anggaran 2020. Pembangunan fisik pasar Balige berlantai 2 dengan pagu Rp 23,6 miliar.

Kepala Dinas Perdagangan, Perindustrian, Koperasi dan Usaha Kecil Menegah (Perinkop dan UKM) Kabupaten Toba Ir Tua Pangaribuan, Rabu (21/10/2020) meneyebutkan, pengerjaaan akan dilaksanakan mulai November 2020 sampai 2021. Anggarannya multiyear.

Lapangan Sisingamangaraja XII Balige dinilai sebagai tempat yang strategis sebagai tempat pasar sementara menunggu selesainya pembangunan revitalisasi pasar tradisional Balige yang akan dimulai karena sudah ditenderkan pada Tahun Anggaran 2020 ini.

Pemerintah Kabupaten Toba telah beberapa kali melakukan pertemuan dan sosialisasi dengan tokoh masyarakat dan unsur masyarakat,dan pedagang.

Menurut Tua Pangaribuan, proyek revitalisasi Pasar Balige ini sebagai salah satu upaya mendukung Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Danau Toba.

Disebutkan juga, terkait proyek ini, ada 570 pedagang yang akan dipindahkan sementara. Sosialisasi kepada pedagang juga telah dilakukan.

Ditanya soal keberadaan bangunan pasar berlantai dua yang dibangun pada TA 2014 silam, Tua Pangaribuan menyebutkan bangunan tersebut akan direhabilitasi seperti tangganya sehingga memudahkan atau membuat rasa aman aktifitas pasar.

Sementara revitalitasi Balerong yang berlokasi di pasar direncanakan akan dilaksanakan pada tahun 2021 mendatang. Direncanakan di Balerong nantinya akan diisi pedagang spesifik seperti souvenir dan lainnya mendukung pariwisata di daerah ini,

Kadis Tua Pangaribuan juga menyampaikan permohonan maaf karena aktifitas masyarakat khususnya pengguna sarana olah raga menjadi terganggu sementara.

“Masyarakat tidak perlu khawatir. Sesudah pembangunan pasar Balige yang lebih bagus dan ramah lingkungan ini selesai, lapangan ini akan dikembalikan fungsinya semula,”sebut Tua Pangaribuan mengakhiri. (MC Toba/Ung).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

×
Berita Terbaru Update