Notification

×

Iklan

Iklan

KJRI Cape Town Fasilitasi Pemulangan 8 Kru Pelaut Indonesia pada Kapal Inggris Mar De Creta

Sabtu, 31 Oktober 2020 | 20:47 WIB Last Updated 2020-10-31T13:47:49Z

8 Pelaut Indonesia dipulangkan ke Indonesia

Jakarta.Internationalmedia.id.-
KJRI Cape Town Afrika Selatan telah melepas pemulangan 8 orang kru pelaut Indonesia pada kapal Inggris Mar De Creta dari Pelabuhan Cape Town, Rabu(28/10/2020). 

 

Kedelapan orang pelaut dipulangkan karena telah menyelesaikan perjanjian kerja laut. Dalam hal ini, KJRI Cape Town telah mendampingi proses pemulangan yang bersangkutan sejak tahap awal persiapan dokumen pemulangan Pekerja Migran Indonesia (PMI) sebagaimana disyaratkan oleh Pemerintah Indonesia dan dokumen sign-off kru.

 

KJRI Cape Town juga telah memberikan kepada mereka surat keterangan jalan dan memberikan informasi teknis terkait alur repatriasi hingga ke tanah air.

 

Kedelapan kru tersebut memulai perjalanan udara dari Cape Town dengan Qatar Airways QR1370. Mereka dijadwalkan tiba di Indonesia dengan pesawat QR0958 pada tanggal 30 Oktober 2020, pukul 07:25 WIB.

 

Kapal Mar De Creta berlayar terakhir dari Pelabuhan Durban Afrika Selatan pada tanggal 23 Mei 2020 dan beroperasi di lautan bebas. Kapal masuk ke Cape Town pada hari Rabu, 28 Oktober 2020 hanya untuk menurunkan para pelaut WNI yang akan dipulangkan.

 

Para kru pelaut Indonesia tersebut belum sempat menjalani uji PCR/swab dan hanya menjalani pemeriksaan temperatur secara rutin di atas kapal 5 hari sebelum tiba di Pelabuhan Cape Town.

 

Proses repatriasi dapat berjalan lancar dengan adanya dukungan dan kerja sama yang baik antara berbagai pihak, yakni agen perusahaan Trade Ocean mewakili perusahaan pemilik kapal yang berkedudukan di Spanyol, Departemen Transportasi Afsel, pihak imigrasi Pelabuhan Cape Town, dan KJRI Cape Town (lysmar) ​

×
Berita Terbaru Update