-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Batu mulai Beterbangan, Ratusan Buruh dan Mahasiswa Demo di depan Gedung DPRD Jabar

Selasa, 06 Oktober 2020 | 10/06/2020 WIB Last Updated 2020-10-06T08:38:12Z

Buruh Demo di depan halaman Gedung DPRD Jabar

Bandung.Internationalmedia.id.
-Kurang lebih seratus buruh dan mahasiswa melakukan aksi unjuk rsa di depan Gedung DPRD Jabar. Mereka, menolak Omnibus Law UU Cipta Kerja yang telah disahkan pemerintah pusat dan DPR RI. Aksi yang sama juga berlangsung di beberapa sudut kota Bandung, Selasa (6/10/2020).

 

Buruh mulai berdatangan ke Gedung DPRD Jabar Jl Diponegoro, Selasa sekitar pukul 13.45 WIB. Kedatangan mereka langsung disambut puluhan personil keamanan dari berbagai kesatuan yang sudah siap sejak pagi.

 

Petugas keamanan sendiri sudah berada di gedung dewan sejak pukul 10.00 WIB. Selain unsur human, seekor anjing K9 juga dilibatkan dalam penjagaan demo buruh.

 

Menjelang sore ini tidak diketahui secara pasti apakah para buruh atau mahasiswa yang melakukan aksi pelemparan yang diawali dengan botol  dan plastik aqua kemudian menyusul pelemparan dengan batu ke arah gedung DPRD Jabar. Namun demikian para petugas tidak melayani lemparan tersebut.


Sementara itu, sekitar ratusan buruh juga terlihat melakukan unjuk rasa di depan Balai Kota Bandung. Tampak ribuan buruh, yang didominasi oleh para perempuan tumpah ruah di jalan Wastukencana.

 

Demontraan duduk di tengah jalan sambil memegang payung dan mengangkat pamplet bernada penolakan UU Cipta Kerja.

 

Hermawan Ketua SPSI 92 Kota Bandung mengatakan gerakan perlawanan UU Cipta Kerja ini dilakukan di berbagai tingkatan baik di tingkat perusahaan maupun tingkat kabupaten/kota.

 

"Ada dua konsep unjuk rasa yang dilakukan forum komunikasi buruh di wilayah timur dan barat," katanya.

 

Di wilayah Barat, kata Hermawan, ada 9 serikat pekerja yang ikut berunjuk rasa. Semuanya dilakukan, sebagai wujud penolakan terhadap UU Cipta Kerja yang sudah disahkan," ujarnya.

 

"Kenapa kita aksi di Balaikota? karena pemerintah kota ini merupakan representasi dari pemerintah pusat, kita tidak ke Jakarta dan Istana, kita lakukan tahapan-tahapan untuk menyampaikan aspirasi itu," ujarnya

 

Akibat demo buruh di Jl Wastu kencana, kendaraan yang datang dari arah Jalan Perintis Kemerdekaan diarahkan petugas untuk berbelok ke arah Jalan Braga. Penutupan jalan akan dilakukan selama aksi buruh digelar.

 

Penutupan jalan juga terlihat diberlakukan di kawasan sekitar Gedung Sate.(Ter)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

×
Berita Terbaru Update