Notification

×

Iklan

Iklan

Yunani Siaga, 40 Tank Turki Bergerak ke Wilayah Perbatasan

Senin, 07 September 2020 | 08:59 WIB Last Updated 2020-09-07T01:59:30Z
Tank Turki tengah dipindahkan ke Edirne. (AP) 

Jakarta.Internationalmedia.id.- Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan telah menekan Athena untuk menyelesaikan perselisihan bilateral mengenai klaim atas perairan lepas pantai Siprus melalui dialog dan memperingatkan "pengalaman menyakitkan" bagi Yunani.

Wakil menteri Yunani untuk perdana menteri dan juru bicara pemerintah Stelios Petsas telah menyatakan bahwa Athena tidak dapat mengkonfirmasi informasi bahwa tank Turki sedang dikirim ke perbatasan negara dengan Yunani dan menyarankan bahwa itu bisa menjadi aksi "propaganda" oleh Ankara.

Menurut laporan Kantor Berita Ihlas Turki (INA), mengutip sumber-sumber militer, Ankara telah mulai mengerahkan kembali pasukannya yang saat ini ditempatkan di tenggara, di perbatasan dengan Suriah, memindahkan sekitar 40 tank ke provinsi Edirne, berbatasan dengan Yunani.

Badan tersebut mengklaim bahwa dua konvoi yang bermuatan tank telah dikirim dari provinsi Hatay selatan untuk tujuan itu.

Pada saat yang sama, laporan yang bertentangan dari Anadolu Agency (AA), mengutip seorang pejabat yang tidak disebutkan namanya, menyatakan bahwa tank-tank tersebut tidak akan pergi ke perbatasan Yunani.

Pengerahan kembali kendaraan lapis baja tersebut dilaporkan telah diatur sebelumnya beberapa waktu lalu dan tidak terkait dengan perselisihan yang sedang berlangsung antara Athena dan Ankara.

Tentara Kedua Turki, yang ditempatkan di provinsi Malatya, mengeluarkan perintah untuk penempatan kembali, kata AA, meskipun tidak jelas apakah tank-tank ini akan bergabung dengan pasukan di provinsi itu atau akan pergi ke tempat lain.

Kementerian Pertahanan Turki belum mengomentari salah satu laporan yang bertentangan itu.

Laporan tentang kemungkinan penempatan kembali pasukan Turki muncul ketika negara itu terlibat dalam perselisihan dengan Yunani mengenai perairan yang disengketakan di dekat Siprus.

Musim panas ini, Ankara memperbarui upayanya untuk menemukan sumber energi di wilayah perairan Siprus yang dianggap sebagai zona ekonomi eksklusifnya.

Namun, Athena menentang klaim tersebut dan telah memobilisasi pasukan militer untuk menghentikan aktivitas Turki. Ankara telah meningkatkan tingkat kesiapan angkatan darat, laut, dan udaranya juga.

Meningkatnya ketegangan di Mediterania timur telah memicu kekhawatiran bahwa situasi tersebut dapat berakhir dengan konflik bersenjata. Kedua negara telah mendukung gagasan untuk menyelesaikan masalah tersebut melalui dialog, tetapi kesepakatan untuk mengadakan pembicaraan belum tercapai sejauh ini.

Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg mengumumkan dimulainya pembicaraan teknis antara Yunani dan Turki minggu ini, tetapi Athena menolak untuk terlibat sampai Ankara menarik kapal perang dan kapal penjelajahnya dari perairan yang disengketakan.

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan telah memperingatkan Yunani agar tidak menolak resolusi damai atas perselisihan tersebut, dengan bersumpah "pengalaman menyakitkan" untuk Athena.(*)


×
Berita Terbaru Update