Notification

×

Iklan

Iklan

Jabar Intens Lakukan Pelacakan dan Tes Masif di Tempat Kerja

Rabu, 05 Agustus 2020 | 11:38 WIB Last Updated 2020-08-05T04:38:27Z
Tes masif di instansi pemerintahan. (Foto: Humas Jabar)

Bandung.Internationalmedia.id.-Pelacakan dan pengetesan COVID-19 di instansi pemerintahan dan perkantoran intens dilakukan Pemerintah Daerah (Pemda) Provinsi Jawa Barat (Jabar). Tujuannya mencegah penularan COVID-19 di tempat kerja.

Sekretaris Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Jabar yang juga Ketua Divisi  Pelacakan, Pengujian, dan Manajemen Laboratorium Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan COVID-19 Jabar, Siska Gerfianti, mengatakan, selain memutus mata rantai, pelacakan dan pengetesan dilakukan untuk memetakan keberadaan SARS-CoV-2, virus penyebab COVID-19.

"Tujuannya, kami ingin melihat bagaimana peta penyebaran COVID-19 dan untuk memutus rantai penularannya," kata Siska di Kantor Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jabar, Kota Bandung, Selasa (4/8/20).

Siska melaporkan, pada Selasa (4/8/20), Pemda Provinsi Jabar menggelar tes, baik rapid test maupun swab test dengan metode PCR, di sejumlah instansi pemerintahan dan perkantoran, yakni Kejati Jabar, TVRI Jabar, Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Jabar, serta Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Jabar.

Kemudian, swab test dengan metode PCR dilaksanakan di Laboratorium Kesehatan (Labkes) Provinsi Jabar bagi kontak erat terkonfirmasi positif COVID-19.

"Ada juga instansi pemerintahan dan perkantoran di Jabar yang melakukan tes mandiri. Misalnya, kami hanya mengirim alat dan Alat Pelindung Diri (APD). Lalu, nanti ada beberapa tempat yang melakukan tes mandiri," ucapnya.

Asisten Pembinaan Kejati Jabar Subeno mengatakan, tes masif dilakukan untuk memastikan tidak ada SARS-CoV-2 beredar di Kejati Jabar sekaligus mencegah penyebaran COVID-19. Sekitar 350 pegawai Kejati Jabar ikut dalam tes tersebut.

"Atas nama pimpinan Kejati Jabar tentunya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Bapak Gubernur Ridwan Kamil yang telah mengirimkan timnya untuk melakukan PCR seluruh pegawai Kejati Jabar," kata Subeno.

"Kami juga ingin bersama-sama pemerintah untuk mencegah penyebaran COVID-19 ini. Salah satu caranya melakukan swab test ini," katanya. (Rel/Lys)

×
Berita Terbaru Update